TUGAS SEORANG MANAJER KEUANGAN SEBAGAI PELAKSANA UTAMA FINANCIAL MANAGEMENT

Manajemen keuangan merupakan kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengendalian, pengolahan, penyimpanan dan pencarian dana untuk organisasi perusahaan.

Berikut ini merupakan penjelasan tentang masing masing fungsi dari manajemen keuangan:

1. Perencanaan keuangan, yaitu berupa pembuatan rancangan dari pemasukan dan pengeluaran serta kegiatan yang lainnya dalam periode waktu tertentu.
2. Penganggaran keuangan, adalah tindak lanjut dari perencanaan keuanagn dengan cara membuat setiap detai dari pengeluaran serta pemasukkan yang ada.
3. Pengelolan keuangan, merupakan penggunaan dana yang ada dalam perusahaan agar dapat memaksimalkan dana yang ada dengan seefisien mungkin.
4. Pencarian keuangan, kegiatan untuk memaksimalkan semua potensi yang ada serta untuk mancari sumber dana yang telah ada untuk operasional (menjalankan) kegiatan yang ada dalam internal perusahaan.
5. Penyimpanan keuangan, adalah berupa kegiatan untuk mengumpulkan dana perusahaan agar dana tersebut dapat disimpan dengan aman.
6. Pengendalian keuangan, adalah kegiatan untuk mengevaluasi serta melakukan berbagai perbaikan-perbaikan atas segala sistem yang sudah berjalan selama ini serta untuk pengelolaan keuangan yang telah ada pada perusahaan.
7. Pemeriksaan keuangan, merupakan kegiatan untuk melakukan audit secara internal terhadap keuangan perusahaan yang bertujuannya agar tidak sampai terjadi penyimpangan dana milik perusahaan.

Sedangkan tugas dan tanggungtawab dari manajer keuangan sebagai pelaksana utama dari manajemen keuangan. Dalam hal adalah untuk mengatur pembagian deviden (laba), pembiayaan kegiatan perusahaan, tentang investasi dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan keuangan organisasi internal perusahaan.

Kesimpulan dari tugas seorang manajer keuangan adalah untuk merencanakan agar dapat semakin mamaksimalkan nilai dari perusahaan. Dan berikut ini merupakan empat macam aspek yang berhubungan langsung dengan kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer kauangan.

1. Perencanan serta peramalan (prediksi). Dalam hal ini seorang manajer keuangan bertanggungjawab penuh dan harus dapt berkoordinasi dengan manajer lainnya yang juga ikut bertanggungjawab dalam perencanaan keuangan perusahaan.

2. Seorang manajer keuangan harus dapat lebih memfokuskan diri dan memusatkan perhatiannya terhadap keputusan investasi, pembiayaan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.

3. Seorang manajer keuangan juga harus bisa untuk berkoordinasi dengan dengan manajer lain agar perusahaan dapat beroperasi (bergerak) dengan semestinya dan menjadi lebih efisien.

4. Hal-hal Yang berhubungan langsung dengan permasalahan penggunaan pasar uang serta pasar modal, seorang manajer keuangan harus mampu menghubungkan antara perusahaan tempatnya bekerja dengan pasar keuangan, yang mana dana tersebut juga masih dapat diperoleh dan tentunya surat berharga yang telah diterbitkan dari perusahaan juga masih dapat diperdagangkan.

Dari ke empat aspek tersebut dapat disimpulkan, bahwa tugas utama dari seorang manajer keuangan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan investasi serta pembiayaan dalam internal perusahaan. Yang mana dalam menjalankan fungsinya tersebut, tugas seorang manajer keuangan akan berhubungan langsung dengan berbagai keputusan pokok dari perusahaan serta akan sangat berpengaruh besar terhadap nilai yang ada pada perusahaan.

Selanjutnya adalah fungsi-fungsi pokok dari penerapan manajemen keuangan, adalah sebagai berikut:

1. Investment Decision (Keputusan Berinvestasi).

Merupakan suatu keputusan yang harus segera diambil dan berhubungan langsung dengan aktiva (asset) yang akan dikelola oleh perusahaan.

2. Financing Decision (Keputusan Pembiayaan).

Financing Decision (Keputusan pembiayaan) merupakan keputusan yang berhubungan langsung dengan sumber dana yang diperlukan serta sebagai dasar untuk penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik bagi perusahaan.

3. Assets Management Decision (Keputusan Manajemen Asset).

Merupakan keputusan yang berhubungan langsung dengan penggunaan dan pengelolaan dari aktiva (asset).

Sedangkan tugas yang paling dasar dari seorang manajer keuangan secara umum adalah:

1. untuk mendapatkan aliran sumber dana baru bagi perusahaan.
2. Menggunakan dana perusahaan untuk kepentingan operasional perusahaan.
3. Untuk membagikan laba perusahaan terhadap para pemegang saham.

Tujuan utama dari adanya manajemen keuangan adalah agar dapat mengelola dana perusahaan dengan efisien, sedangkan tujuan secara umumnya adalah agar dapat semakin memaksimalkan nilai dari perusahaan apabila suatu saat nanti perusahaan akan dijual, maka harganya bisa ditetapkan setinggi mungkin. Semoga artikel di atas bermanfaat dan apabila pembaca, bapak/ibu membutuhkan pembuatan atau penyusunan SOP keuangan, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s