FUNGSI UTAMA DARI PENERAPAN MANAJEMEN LOGISTIK PADA INTERNAL PERUSAHAAN

Kalau melihat kebutuhan akan jasa logistic maka sebaiknya menyimak artikel ini untuk mengembangkan manajemen logistic masing-masing perusahaan yang saat ini sangat penuh pekerjaan dari bisnis online yang semakin berkembang dan bertumbuh pada erah digital yang semakin canggih. Teknologi maya menyebabkan perusahaan bergerak dalam logistic dituntut untuk terus menerus mengedepankan layanan yang prima. Dibawah ini adalah artikel yang mungkin bisa membantu pembaca dalam era bisnis oline yang semakin berkembang. Manajemen logistik merupakan salah satu bagian dari manajemen rantai pasokan yang akan digunakan dalam menyesuaikan permintaan dari para konsumen dengan beberapa tahapan. Diantaranya adalah:

1. Perencanaan.
2. Pelaksanaan.
3. Pengendalian aliran barang secara efektif dan efisien mulai dari transprotasi, penyimpanan, distribusi, jasa layanan dan informasi yang lengkap mulai dari asal barang sampai kepada tujuan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Penerapan manajemen logistik memiliki tujuh macam fungsi utama, yaitu:

1. Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan.

Hal itu harus dilakukan dengan cara melakukan perencanaan dan penentuaan dari suatu kegiatan. Yang mana perencanaan tersebut juga harus disesuai dengan anggaran yang ada.

2. Fungsi Penganggaran.

Dari barang yang sebelumnya sudah direncanakan sesuai dengan penentuan kebutuhan tersebut, maka akan dibuatkan anggarannya. Membuat anggaran terhadap suatu kegiatan, tidaklah semudah seperti apa yang diperkirakan. Karena hal itu harus sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan.

3. Fungsi Pengadaan Barang.

Terkadang, jumlah anggaran tidak selalu sesuai dengan jumlah kebutuhan, namun harus tetap ada jalan keluar dari permasalahan tersebut. Dan itulah yang disebut dengan fungsi pengadaan. Yang mana memang diperlukan adanya pemikiran kreatif yang dapat memungkinkan untuk kegiatan agar dapat tetap berlangsung walaupun anggaran yang telah disediakan masih belum sesuai.

4. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran Barang.

Yaitu setelah barang telah didapatkan, maka harus disimpan dan disalurkan kembali terhadap panitia lainnya. Proses penyaluran seperti ini harus disesuaikan dengan orang-orang yang memang berkepentingan dengan barang tersebut.

5. Fungsi Pemeliharaan.

Barang yang sudah ada harus tetap dijaga agar tidak mudah rusak. Baik itu adalah barang yang sudah pernah dipakai maupun yang masih belum terpakai. Terutama, apabilabarang tersebut adalah berupa barang pinjaman. Maka fungsi dari pemeliharaan dari manajemen logistik seperti ini benar-benar sangat diperlukan sekali.

6. Fungsi Penghapusan.

Dalam internal manajemen logistik juga terdapat adanya fungsi penghapusan, yang dimaksud dari fungsi penghapusan ini adalah pada saat terjadinya kerusakan pada barang, maka kerusakan tersebut harus mampu dihapuskan. Baik itu adalah dengan memperbaikinya dengan cara membeli bahan yang serupa maupun dengan menggantinya dengan barang lain yang tidak rusak.

7. Fungsi Pengendalian.

Fungsi yang memiliki peran terpenting dalam manajemen logistic adalah berupa fungsi pengendalian, yang mana seorang manajer logistik harus dapat mengendalikan semua fungsi diatas dengan baik.

Penerapan manajemen logistik yang baik adalah pada saat merencakan sebuah kegiatan termasuk semua dari ketujuh fungsi tersebut diatas.
Pada saat ini terdapat trend cukup baik pada lini bisnis rantai pasok, mulai pergudangan, transport dan logistic yang berkinerja terintegrasi dengan SDM yang handal tentunya. Kini JNE telah menambah 500 karyawan untuk pengembangan bisnis jasa titipan kilat. Tidak dipungkiri industry ini semakin menggeliat dengan maraknya bisnis online. Oleh sebab itu sebaiknya mengetahui fungsi penerapan logistic yang maksimal agar tidak ketinggalan dalam persaingan. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam merapikan manajemen logistic dan transport yang sekarang ini sedang berkembang. Apabila pembaca membutuhkan manajemen modern logistic dan tranportasi dengan system manajemen terinegrasi dengan informasi teknologi, software accounting dan logistic silahkan hubungi 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. ( Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s