SERTIFIKASI ISO 14001 (TENTANG MANAJEMEN LINGKUNGAN)

Apakah Anda tahu tentang apa itu ISO 14001?

ISO 14001 merupakan sebuah spesifikasi standar dari internasional untuk berbentuk sistem manajemen lingkungan (SML) yang lebih banyak membantu perusahaan Anda dalam mengidentifikasi, dan memprioritaskan, serta mengatur resiko-resiko dari lingkungan sebagai bagian dari berbagai praktek bisnis secara normal.

Lalu Sebenarnya Siapa Saja Pengguna Dari ISO 14001?

ISO 14001 sebenarnya bisa diterapkan di seluruh organisasi tanpa harus memandang dari besar kecilnya organisasi yang menggunakan dan letak dari lokasi geografis.

Mengapa Sertifikasi ISO 14001 Begitu Penting Bagi Keberadaan Perusahaan Anda?

Sertifikasi ISO 14001 lebih banyak memberikan sejumlah manfaat untuk perusahaan Anda, diantara beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi tingginya beban/biaya: karena ISO 14001 lebih banyak menuntut dari komitmen perbaikan secara terus menerus, maka penetapan obyektif dari perbaikan tersebut akan semakin membantu dan mendorong dari penggunaan bahan mentah yang lebih efisien sehingga biaya bisa semakin ditekan atau dikurangi.
2. Mengatur kepatuhan terhadap hokum: sertifikasi ISO 14001 bisa membantu Anda dengan cara mengurangi berbagai upaya yang dibutuhkan untuk mengatur kepatuhan hukum dan dalam manajemen resiko-resiko lingkungan yang lebih banyak dilakukan oleh perusahaan Anda.
3. Mengurangi duplikasi upaya: sistem manajemen Anda bisa digabungkan dengan berbagai persyaratan ini dan standar manajemen lainnya untuk menjadi sebuah sistem bisnis tunggal yang dapat mengurangi berbagai duplikasi dan biaya.
4. Mengelola reputasi Anda, sertifikasi ISO 14001 akan dapat membantu Anda dalam mengurangi berbagai resiko yang berhubungan dengan berbagai biaya atau yang dapat merusak reputasi Anda yang terhubung langsung dengan pembersihan atau litigasi dan membangun citra publik Anda terhadap para klien, badan pengawas dan pemangku kepentingan kunci.
5. Menjadi pemasok pilihan & menambah manfaat kompetitif; sertifikasi ISO 14001 akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan perusahaan yang telah menggarisbawahi dan lebih mengutamakan perusahaan yang tetap ramah lingkungan.
6. Kemudahan dalam berintegrasi; ISO 14001 yang berbasis sistem manajemen – standar seperti ini telah didukung oleh adanya siklus ‘Plan Do Check Act (Rencanakan Tindakan Pemeriksaan)’ sama halnya dengan standar sistem manajemen lain yang masih tetap bisa digabungkan dengan ISO 9001 (mutu), OHSAS 18001 (Kesehatan dan Keselamatan) dan standar yang berbasis sistem manajemen lainnya.

Manfaat utama dari ISO 14001 bagi bisnis Anda

Intinya adalah apapun sektor dari bisnis Anda, sertifikasi ISO 14001 akan membantu Anda mengelola tantangan bisnis, sistem dan berbagai resiko-resiko dalam mengembangkan dan melindungi kinerja lingkungan Anda di masa sekarang dan masa yang akan datang yang sesuai dengan kebutuhan para pemangku kepentingan bisnis.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut dan membutuhkan pendampingan dalam mendapatkan sertifikasi ISO, silahkan untuk hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. (Frans M. Royan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s