INTEGRASI MANAJEMEN PENDIRIAN DISTRIBUTOR DI ERA PASAR ASEAN

Mendirikan distributor memang tidak mudah. Kita harus waspadai hal yang sering terjadi di dalam distributor yang paling menjadi kerugian pada umumnya pada distributor kita. Pertama yang sering terjadi adalah kerugian karena customer lari, kredit macet dan uang dibawah lari oleh salesman. Kerugian ini umum terjadi. Kedua adalah kerugian akibat dari salah pengiriman sehingga inventory perusahaan menjadi susut. Ketiga adalah salah dalam memilih partner kerja sama, yaitu produk yang diperdagangkan tidak sesuai dengan market. Keempat operasional distributor tidak efektif. Hal ini berkaitan dengan SDM yang digunakan, sehingga beban dari perusahaan meningkat. Kelima adalah perusahaan tidak tumbuh dalam penjualan karena sales force tidak bisa bergerak dengan baik. Mari kita bahas kendala-kendala dalam pembangunan distributor ini agar ketika kita mendirikan distributor bisa berjalan dengan baik dan profit.

Masalah AR ( Account receivable) adalah masalah yang umum terjadi di perusahaan distributor. Banyak distributor bangkrut karena tidak menggunakan manajemen AR yang baik. Oleh sebab itu mengundang seorang yang dapat mendampingi dalam operasional distributor akan sangat baik usaha kita. Manajemen AR akan dibangun dengan menggunakan tools software yang tepat, dari situ akan didapat informasi umur piutang penjualan, informasi pengelolaan piutang, jumlah fisik AR dicocokan dengan riilnya. Fitur pelunasan piutang penjualan dan banyak lagi manajemen AR ini bisa dikelola dengan baik. Kendala ini mengapa ditempatkan di bagian pertama sebab hal ini merupakan resiko yang terbanyak dialami oleh distributor.

Kerugian kedua adalah masalah inventory. Sepanjang masa inventory tidak bisa berjalan dengan benar pasti ada plus minus, sehingga setiap stok opname selalu ada kekurangan barang. Nah dengan bantuan seorang konsultan distribusi, masalah Gudang akan dibantu secara lay out dan proses bisnisnya. Mulai terima surat jalan/invoice, yang dilakukan oleh orang gudang seperti apa maka bagian gudang diciptakan operasionalnya dengan standard SOP yang baik sehingga kehilangan digudang bisa diminimalkan. Jadi sangat penting memperhatikan gudang agar operasional di distributor bisa berjalan baik dengan mengurangi shrinkage.

Ketiga pemilihan partner kerja sama yang salah juga memicu operasional distributor tidak berjalan maksimal. Seperti yang diketahui operasional distributor adalah lebih focus ke penjualan dan distribusi barang tetapi jika dibebani aktivitas berkaitan dengan marketing maka distributor akan memikul biaya yang tinggi. Mendapatkan produk andalan yang fast moving dan profitnya cukup baik akan membantu perusahaan dalam mendapatkan profit. Jangan anggap enteng dengan pemilihan produk ini sebab jika salah dalam memilih produk maka kita akan sulit berkembang sebagai distributor.

Sekarang ini untuk mendapatkan tenaga penjualan yang baik sulit sekali sehingga kita membutuhkan orang-orang yang mampu untuk lakukan penjualan. Biasanya kalau kita dapatkan dari ex perusahaan lain, umumnya selalu kasus. Kita wajib membajak yang baik dari perusahaan lain tetapi ini tidak mudah dan membutuhkan waktu. Oleh sebab itu bisa dilakukan mixing atau memberdayakan orang yang  sudah ada. Kalau memberdayakan orang yang sudah ada tentunya membutuhkan pelatihan. Siapa yang sanggup melakukan pelatihan. Selama ini yang kita amati jarang distributor melakukan training. Sedang keahlian memberikan training penjualan tentunya pihak external. Oleh sebab itu pertimbangkan pihak external agar membantu dalam hal ini.

Operasional perusahaan distributor juga tidak efektif. Distributor kelebihan orang yang menjalankan. Dengan skema yang cukup baik, maka yang menjalankan distributor pasti bisa lebih simple. Kadang kita melihat jumlah orang dalam distributor begitu banyak sehingga distributor kegemukan. Ini perlu dibantu set up oleh seorang yang paham akan fungsi-fungsi dalam suatu organisasi, kalau tidak pasti akan kesulitan membiayai SDM yang terlalu banyak. Biasanya yang gemuk di bagian administrasi, dan ini menjadi beban di perusahaan distributor.

Kelima hal di atas seringkali mengganggu dan membuat distributor yang kita bangun akan gagal. Oleh sebab itu di era Pasar ASEAN sebaiknya mulai siap dalam menjalankan perusahaan distributor, selain pilihannya banyak. Juga peluang bisnis kedistributoran ini akan berkembang dengan baik pula. Semoga artikel ini membantu pembaca, apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam set up distributor dan pendirian distributor serta melakukan cek kembali kinerja distributor sebaiknya hubungi groedu@gmail.com atau kontak ke 081-8521172 atau 081-252-98-2900. Kami siap membantu. Terima kasih. (Frans M. Royan)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s