PENGERTIAN SEPUTAR INTERNET MARKETING DAN BEBERAPA BENTUK DARI INTERNET MARKETING

Mungkin selama ini pemahaman kita tentang internet marketing itu adalah hanya berjualan melalui internet saja. Sebenarnya anggapan itu sah-sah saja karena jika dilihat dari definisinya, internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Namun, apabila kita sudah berbicara tentang pemasaran, itu berarti bukan hanya sekedar berjualan akan tetapi juga termasuk dalam hal berpromosi, branding, dan membina hubungan baik dengan para pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Agar semakin memudahkan kita untuk lebih mengerti tentang apa itu internet marketing, berikut ini adalah penjelasan sederhananya dan beberapa contoh dari internet marketing yang biasanya seringkali dilakukan oleh para internet marketer. Bentuk dari internet marketing itu sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai :

1. Sumber Penghasilan.
2. Cara Berpromosi.

Yang biasanya banyak dilakukan dalam internet marketing sebenarnya hanya dua itu saja, namun type bisnisnya yang tergolong sangat banyak dan berikut ini adalah penjelasan yang lebih sederhana tentang internet marketing:

1. Internet Marketing Sebagai Sumber Penghasilan (Source of Income).

Saat ini internet sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki gadget dengan teknologi terbaru seperti, smartphone, tablet, dan laptop.
Menjalankan internet marketing agar bisa mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan beberapa type bisnis, diantaranya adalah PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), menjual produk sendiri, dan bisnis pelelangan secara online.

1. PPC (Pay Per Click).

Program PPC (Pay Per Click) banyak dilakukan oleh para pemiliki website/ blog untuk bisa mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Penghasilan yang didapatkan dari program PPC ini adalah berasal dari klik yang seringkali dilakukan oleh visitor/ pengunjung yang tertarik pada sebuah iklan yang ada pada situs tersebut.

Beberapa perusahaan yang menawarkan program PPC diantaranya adalah :

• Google Adsense
• Bidvertiser
• Chitika
• Infolinks
• Kumpul Blogger
• Sitti
• ID Blog Network
• AdsenseCamp
• KlikSaya
• Dan lain-lain

2. PPS (Pay Per Sale).

Dari namanya saja kita akan bisa langsung mengerti tentang program ini. Kita akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kita. Besarnya penghasilan akan sangat tergantung kepada banyaknya barang yang dijual, dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Perusahaan yang menawarkan program PPS diantaranya adalah :

• Amazon.com.
• Clickbank.com.
• Dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. PPL (Pay Per Lead).

Ini adalah program affiliasi dimana penjual/vendor akan memberikan komisi untuk setiap kali kita berhasil mengirimkan leads kepada penjual/ vendor. Salah satu perusahaan yang menawarkan program PPL adalah MaxBounty.com.

4. Menjual Produk Sendiri atau Produk Orang Lain.

Sekarang ini, dengan menjual atau menjualkan sesuatu melalui internet bukanlah sesuatu yang luar biasa. Kita bisa menjual apapun melalui internet baik itu adalah produk berbentuk fisik ataupun berbentuk digital. Misalnya kita memiliki usaha untuk berjualan bawang goreng, maka jual saja melalui internet, pasti akan ada saja yang membelinya.

Selain menjual produk sendiri, kita juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjualkan produk orang lain, baik itu adalah berupa produk fisik ataupun produk digital. Salah satu proses internet marketing dengan cara menjual produk orang lain adalah dengan cara menjadi seorang reseller atau dropshipper produk orang lain. Begitu juga dengan produk digital, kita bisa menjadi affiliate marketer untuk sebuah produk yang dijual oleh orang lain.

5. Pelelangan (Online Auction).

Di dunia internet juga masih terdapat tempat untuk menjual sesuatu milik kita atau milik orang lain yang kita bantu untuk menjualkan, dengan cara pelelangan. Tentunya ini bisa sangat menguntungkan karena kita bisa menjual barang kita tersebut kepada orang yang menawarkan dengan harga tertinggi.

Perusahaan terkenal yang menyediakan fasilitas pelelangan online seperti itu adalah :

• eBay.com.
• Flippa.com.
• Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

(Dari Berbagai Sumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s