CARA PALING EFEKTIF MENINGKATKAN PENJUALAN

Pada tahun baru 2016 ini, tentu saja harapan yang mesti diraih adalah peningkatan penjualan secara terus menerus. Penjualan salah satu inti revenue stream perusahaan, tanpa adanya penjualan tentunya perusahaan tidak akan ada pendapatan bahkan bisa minus rugi labanya. Oleh sebab itu di tahun 2016 ini sangat perlu memikirkan ulang bagaimana cara meningkatkan penjualan di tahun 2016. Ada beberapa cara dalam meningkatkan penjualan  yang bisa kita lakukan di tahun 2016 ini antara lain :

  1. Cek ulang produk yang kita miliki saat ini apakah perlu peremajaan karena produk memiliki umur dan dalam istilahnya adalah PLC (Product life circle) jika produk perlu peremajaan maka bagian produksi sebaiknya memikirkan ulang produk baru untuk penjualan berikutnya. Untuk produk tertentu seperti produk snack wajib memiliki banyak mereka karena sifat produk yang PLC-nya kurang lebih 2 tahun, apabila tidak ada inovasi produk dan merek baru perusahaan akan kesulitan untuk meningkatkan penjualan. Sementara itu untuk produk yang PLC-nya panjang, seperti rokok Djie Sam Soe (234) yang umurnya sudah 90 tahunan, perusahaan dapat memaintenance merek dengan budget iklan setiap tahunnya.
  2. Perluas wilayah territory pemasaran adalah salah satu cara meningkatkan penjualan. Misalnya jika selama ini pemasaran produk meliputi jawa timur saja, mulailah mengembangkan sampai dengan Indonesia Timur, Bali , NTT dan NTB. Perluasan wilayah penjualan ini berkaitan sekali dengan pencarian customer baru, nah pencarian customer baru bisa dilakukan dengan pengembangan wilayah.
  3. Cara berikutnya pertajam kemampuan tim penjualan perusahaan, baik di sisi produk knowledge, selling skill dan handling objection, memang ini membutuhkan training penjualan. Tapi jangan kuatir banyak lembaga training penjualan yang bisa membantu hal ini. cek di web ini yaitu vendor training penjualan dan pemasaran.
  4. Pertahankan customer lama dengan cara melakukan cross selling, oleh sebab itu kenapa poin satu sangat dibutuhkan? Pengembangan produk sejatinya sangat diperlukan untuk kegiatan cross selling. Cross selling akan menambah penjualan produk yang lain selain produk yang repeat order.
  5. Percepat  proses penjualan di kantor jangan sampai proses penjualan di kantor malah menyulitkan customer untuk membeli. Penulis sering temui bagian pemasaran produk perusahaan susah sekali dihubungi, dan kalau pesan barang selalu lama layanannya, sehingga customer pindah ke kompetitor karena problem ini. Oleh sebab itu jangan buat customer kita terlalu lama untuk membeli produk dan jasa kita.

Semoga artikel di atas dapat memberikan pencerahan para pembaca, dan sukses sekalu di tahun 2016. Apabila dengan langkah-langkah tersebut di atas belum dapat berhasil dan membutuhkan bimbingan, maka silahkan hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com. (Frans M. Royan, pakar penjualan dan pemasaran serta ahli set up manajemen distribusi)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s