CARA EFEKTIF MENDAPATKAN BUSINESS ANALYST UNTUK PERUSAHAAN ANDA

Ada kalanya bisnis mulai kehilangan uang dan tidak ada yang tahu pasti di mana masalahnya terletak. Menelusuri dan memelototi fakta-fakta dan angka-angka hanya menunjuk ke saldo akhir. Saldo akhirnya terus menyusut. Orang-orang mulai putus asa. Strategi-strategi direncanakan dan dilaksanakan tanpa hasil. Tindakan-tindakan coba-coba tidak lagi manjur. Waktunya untuk memanggil para ahli. Analis bisnis harus didatangkan. Masalahnya adalah menemukan orang yang tahu perusahaan.

Menemukan seorang analis bisnis yang baik tidak sesulit yang orang pikirkan. Mereka bukanlah musuh. Mereka bukan suatu makhluk menakutkan mengendap-ngendap, bersembunyi di balik setiap sudut. Seorang analis bisnis yang baik adalah seorang pemikir kreatif. Dia adalah pemain tim agresif pemotivasi. Analis bisnis dapat mengumpulkan data dan informasi terkait lainnya dari manajemen dan sumber-sumber lain untuk menentukan apa masalah utamanya.

Seorang analis bisnis yang berkualitas mungkin sudah ada dalam organisasi Anda. Seorang anggota departemen IT bisa menjadi orang yang mengembangkan suatu program proyek yang dirancang untuk menghemat uang perusahaan. Ini seorang yang mampu menyiapkan suatu tim pengembangan untuk berpikir di luar kotak. Anda mencari seorang yang kreatif. Anda ingin seorang yang tidak takut terhadap visi. Seorang dengan kemampuan komunikasi yang baik adalah suatu keharusan. Sebagian besar proyek gagal karena kurangnya komunikasi.

Sebenarnya adalah manfaat untuk memilih seorang dari dalam perusahaan. Dia sudah tahu perusahaannya. Analis bisnis akan mengetahui kekuatan-kekuatan serta kelemahan-kelemahan perusahaan. Memilih seorang dari dalam organisasi berarti dia akan mengenal orang-orang yang terlibat. Persahabatan mungkin sudah ada. Ini bisa membuat pengumpulan informasi lebih mudah. Semakin mudah untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, semakin cepat lingkup proyek dapat dikembangkan.

Analis bisnis terbaik akan mampu berbicara dengan bahasa dari mana pun departemen yang dengannya ia perlu berinteraksi. Ia tidak akan kedapatan teralihkan dengan tugas-tugas rutin. Analis bisnis akan mengetahui informasi apa yang dibutuhkan dan mendapatkannya. Dia akan menjaga gambaran besarnya dalam pikiran. Mereka akan memotivasi orang-orang lain untuk tetap pada tugas. Seorang analis bisnis yang baik akan memberikan kebebasan kreativitas. Jelas apa yang dulu dilakukan tidak manjur. Sebuah pendekatan baru diperlukan dan analis bisnis yang berkualitas akan melihat ini.

Seorang yang dapat mengembangkan hubungan baik dengan departemen-departemen untuk memenuhi harapan-harapan adalah kandidat yang sempurna untuk analis bisnis. Orang ini akan bertindak sebagai penghubung antara tim manajemen dan pengembangan. Ia harus dapat berbicara dengan otoritas seraya tetap mempertahankan tingkat hormat. Analis bisnis yang sempurna akan dapat meramalkan masalah-masalah yang mungkin timbul antara tim-tim dan memadamkannya sebelum masalah itu dimulai.

Seorang penghubung antar departemen yang terlibat, pemimpin selama pertemuan-pertemuan, pengembang proyek, dan pengutak-atik angka semuanya adalah ciri menguntungkan dari analis bisnis yang baik. Carilah seorang yang mampu melakukan semua ini dan Anda telah menemukan aset besar. ( Hendy Kurmarian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s