CARA EFEKTIF MERANCANG PEMASARAN PRODUK BARU

Sebaiknya dalam melaunching produk baru dilakukan dengan ke hati-hatian, survey menunjukan bahwa 98% produk baru yang diluncurkan gagal di pasar. Kalau bisapun hanya bertahan beberapa saat. Kesulitan yang umum menimpa adalah produk tidak diminati oleh konsumen karena tidak ada kampaye promosi, distribusi produk tidak merata karena kekurangan SDM yang mendistribusikan. Kalaupun ada dan siap, perusahaan tidak mampu pula memilih distributor yang handal sebagai penyalur produk baru tersebut. Lantas apa yang mesti dilakukan jika ingin berhasil?

  1. Rancang pemasaran produk dengan ketelitian yang tinggi dengan melakukan survey pasar. Pilih segmen pasarnya, apakah cukup besar dan pemainnya sendikit. Jangan terjebak dalam pemilihan produk yang dalam posisi sesak pemain (red ocean) , tetapi memilih segmen pasar yang sedikit pesaing yang masuk ke segmen ini.
  2. Telitilah segmen pasar apakah dimasa mendatang memiliki gairah/peluang yang cukup besar yang sangat dipengarui gaya hidup atau trend dimasa mendatang. Menengok perubahan yang terjadi begitu cepat dapat memunculkan peluang yang tidak dilirik oleh pengusaha lain.
  3. Siapkan manajemen usaha yang mumpuni, tidak memikirkan masalah pemasaran melulu sementara sistem manajemen usaha di perusahaan kocar-kacir, ini sangat berbahaya. oleh sebab itu pada saat melakukan set up usaha mulai memperhatikan banyak hal akan cukup bijaksana, khususnya di manajemen usaha perusahaan. Jangan tertipu oleh optimisme produk akan laku meskipun hal ini mendorong kita sebagai motivasinya. Siaplah dengan infrastruktur yang ada, bukan sebaliknya pemasarannya maju pesat tetapi supportingnya : produksi dan administrasinya kocar-kasir. Sama saja uang kita akan hilang dan berhamburan oleh ketidak bijaksanaan kita.
  4. Berikut pilih mitra saluran yang cukup mendukung, dan hindari mitra-mitra yang membuat macet usaha kita. Wing Surya adalah contoh perusahaan lokal yang meraksasa dengan sistem usaha yang berawal dari familiy bisnis. Semua saluran yang bekerja sama adalah para familiy pemilik usaha.  Jangan di sangka dengan memulai awal mendapatkan mitra yang cukup mendukung produk kita yang dipasarkan akhirnya berhasil.

Apabila dengan pengetahuan kita tak cukup dan dirasa memerlukan pendamping, maka mulailah mencari konsultan yang bisa mendampingi usaha-usaha kita supaya berhasil. Memasarkan produk baru tidak mudah, membutuhkan banyak usaha dan modal yang cukup besar sebelum meraih profit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s