KIAT SUKSES MENJARING KARYAWAN YANG BERKUALITAS

Dari beberapa penelitian yang dilakukan tim perekrut/HRD perusahaan startup di Amerika ditemukan bahwa pengangguran hanya mengalami penurunan sebanyak 1-2% untuk calon pekerja dengan background teknologi yang kuat.Padahal ada lebih dari 50 teknikal dan non teknikal yang dipekerjakan tahun ini. Hal ini dipicu oleh banyak alasan, selain hasil interview yang kurang berjalan mulus, bisa jadi karena kemampuan tim HRD dalam menjaring kandidat yang tepat belum terasah dengan baik.

 Berikut ini ada 5 pendekatan yang bisa dicoba :

  1. Lakukan pendekatan untuk menjaring calon kandidat yang berkualitas.

Datangi event-event networking dari berbagi jenis acara, jalin relasi dengan orang yang duduk di sebelah Anda. Kebanyakan para tim HRD kemudian menemukan calon kandidat yang cocok dengan perusahaan bermula dari obrolan santai. Jika memungkinkan, minta resume para calon kandidat saat itu juga agar memudahkan Anda saat perekrutan. Setiap event biasanya selalu ada sesi networking, manfaatkan sesi tersebut untukspotting talent calon kandidat. Bisa juga manfaatkan LinkedIn untuk memasang iklan lowongan di sana.

  1. Lihat kepribadian mereka melalui resume.

Tidak ada format yang pasti dalam sebuah resume. Namun Anda bisa menggali banyak kepribadian dari para kandidat melalui interest mereka dan lihat apakah minat mereka sejalan dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Pelajari lebih dalam kelebihan dan kepribadian calon kandidat.

 Ketika proses interview coba tanyakan pertanyaan yang tidak terlalu standar seperti “coba ceritakan kelebihanmu” dan menggantinya dengan “beritahu kami tentang kekuatan supermu.” Hal itu jelas akan membuat para interviewe diberikan kesempatan untuk berpikir terlebih dahulu. Jawaban apa yang mungkin akan keluar dari mulut mereka dan pastinya akan sangat unik dan menggambarkan kreatifitas, kepribadian, serta masing-masing minat dari para kandidat.

  1. Temukan calon dari teman sekitar.

Beberapa orang akan merasa tidak nyaman untuk membuka diri saat sesi interview dengan HRD. Hal itu mungkin terjadi dikarenakan jawaban-jawaban mereka biasanya sudah dihafalkan sebelumnya, atau karena merasa gugup yang berlebihan dan takut akan gagal dari sesi interview mereka. Tugas Anda di sini sebagai interviewer yang handal adalah untuk membuat para calon kandidat merasa nyaman duduk berada di sana dan memberikan jawaban yang jujur dan terbuka. Kuncinya adalah ketika Anda mampu membuat interview menjadi suatu percakapan yang santai namun berkualitas.

  1. Gali lebih dalam.

Untuk mengetahui core value dari kepribadian seseorang memang dibutuhkan kejelian dan ketrampilan dalam mengajukan pertanyaan. Ganti pertanyaan “Apa kelemahanmu?” dengan pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang lebih bermanfaat seperti “Pelajaran penting apa yang Anda dapatkan selama bekerja di perusahaan sebelumnya?” misalnya. Anda dapat membuktikan calon kandidat adalah seseorang yang berkualitas ketika mereka mempresentasikan diri mereka sendiri. Tidak ada jawaban yang salah ataupun benar, yang terpenting Anda bisa melihat bahwa calon kandidat adalah pribadi dengan rasa ingin tahu yang besar dan berkomitmen dalam melakukan self-improvement secara terus-menerus.

Kunci utama dari pencarian calon kandidat yang berkualitas adalah sifat kreatif mereka dan mau belajar. Dengan begitu Anda sebagai seorang HRD yang baik dapat mendapatkan karyawan yang mampu membantu kesuksesan perusahaan.

Sekian terimakasih semoga bisa lebih membantu para pembaca sekalian dalam memahami bagaimana mencari karyawan yang berkualitas. Salam sukses (Sumber utama : http://blog.jobs.id/)  Apabila dengan kiat-kiat diatas sudah terbantu dan masih membutuhkan tools dalam bentuk software, silahkan dapatkan infonya di : http://www.softwareaccountingsurabaya.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s