PENTINGNYA MENGANALISIS PASAR SEBELUM MEMULAI BISNIS

Sebelum memulai proyek, bisnis, atau studi, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah penelitian. Setiap bisnis memiliki seperangkat pengguna target sendiri. Tidak mungkin untuk memahami pengguna Anda, kebiasaan mereka, harapan dan perilaku mereka tanpa riset pasar rinci. Artikel ini akan membantu Anda memahami segala sesuatu tentang riset pasar yang efisien.

Apa itu riset pasar?

Riset pasar adalah proses yang terdiri dari mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan target audiens Anda secara sistematis. Ini membantu dalam memahami bagaimana layaknya produk atau layanan Anda, bahkan sebelum memasuki pasar. Ini juga memberi Anda gambaran umum tentang apa yang sedang tren di industri dan apa yang memotivasi pengguna untuk membuat keputusan untuk mengkonversi dan membeli. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan peta jalan untuk produk atau layanan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari riset pasar:

Baca juga : apakah anda membutuhkan segementasi pasar

  • Meningkatkan efisiensi: Penelitian berkualitas membantu Anda memahami perilaku dan kebiasaan pelanggan Anda dan memberitahu Anda area fokus potensial jauh di muka.
  • Tinjauan pesaing: Riset pasar adalah cara terbaik untuk mempelajari pasar atau industri yang Anda targetkan. Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan untuk tetap di depan pesaing Anda dengan menawarkan berbagai pengalaman dan layanan
  • Hemat biaya: Proses ini tidak dikenakan biaya dolar. Anda cukup memilih untuk menggunakan alat survei atau pertemuan satu-satu dalam jangkauan Anda untuk memulai dengan. Tak lama, ini adalah investasi rendah, proses pengembalian tinggi!
  • Investasi bisnis produktif: Riset pasar adalah investasi besar untuk bisnis apa pun. Ini membantu para pengambil keputusan untuk mengambil jalan yang benar dan mencapai target yang diperlukan.

Langkah-langkah untuk melakukan riset pasar.

Sekarang Anda tahu apa itu riset pasar, pentingnya dan cara melakukan penelitian, mari kita bicara tentang bagaimana melakukan riset pasar dalam 6 langkah cepat.

1.Tentukan target audiens Anda.

Sebelum Anda mulai memahami bagaimana pelanggan Anda beroperasi, Anda harus cepat memahami siapa pelanggan Anda. Buat persona pembeli dan jaga agar tetap berguna.

2. Memahami perilaku mereka.

Setelah mengetahui dengan baik siapa target audiens Anda, cari tahu apa cara terbaik untuk menghubungi mereka untuk mendapatkan jawaban yang benar. Evaluasi jam aktif mereka, nadabilitas, preferensi dan sebagainya.

3. Pilih metode untuk mendapatkan wawasan.

Sekarang adalah waktu untuk mengambil salah satu keputusan yang paling penting: untuk memilih bagaimana melakukan penelitian. Setelah mengikuti langkah 2, ini harusnya mudah. Misalnya, jika Anda menemukan bahwa target audiens Anda membuka surat mereka secara teratur dan menanggapi mereka, Anda dapat memilih untuk menjalankan survei. Namun, jika Anda menemukan bahwa penetrasi internet untuk audiens target Anda sangat rendah dan mereka memahami dialek lokal mereka, maka memilih penelitian etnografi berguna.

Baca juga : strategi differensiasi produk untuk memenangkan pasar, belajar dari produk pipa power avia avian

4. Menjelaskan tanggapannya.

Di sinilah semua usahamu turun. Ini bisa berupa lembar excel, dokumen google atau perangkat lunak tertentu, mendokumentasikan setiap fakta adalah suatu keharusan. Pastikan untuk melindungi data Anda dan membaginya hanya dengan orang-orang yang relevan.

5. Bentuk hipotesis & mengambil tindakan.

Setelah Anda memiliki banyak informasi, saatnya untuk mempelajari data dan membangun hipotesis. Mungkin ada contoh di mana Anda akan menyadari bahwa Anda perlu mengubah seluruh aliran pendaftaran atau mengubah bahasa atau mengambil pendekatan yang berbeda. Seberapa baik Anda mengikuti langkah ini mencerminkan keberhasilan bisnis Anda untuk sebagian besar.

Melakukan riset pasar dapat membuktikan menjadi pembuka mata dan pemeriksa fakta untuk sejumlah individu dan organisasi. Bahkan jika Anda berpikir Anda memahami target audiens Anda masuk dan keluar, sebuah studi rinci kemungkinan akan mengungkap saluran baru dan peluang untuk Anda. Itu selalu pilihan terbaik untuk melakukan riset pasar pada tahap awal memulai atau membangun sesuatu karena meninggalkan banyak ruang untuk perbaikan.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai RISET pemasaran dan pembangunan TIM penjualan. Silahkan hubungi kami di 081-252982900. Atau via email: groedu@gmail.com . Kami siap membantu anda.

Semoga bermanfaat bagi pembaca, apabila ingin mendapat informasi lebih lanjut atau informsai mengenai pelatihan seperti :

  1. Profesional gromming & Negosiasi
  2. Handling objection & technique closing
  3. Body language in selling skill
  4. Sales territory mnanagement
  5. Mengelola piutang penjualan
  6. Sales supervisory management
  7. Leadership & Managerial skill
  8. Distributorship management
  9. Trik menembus Target

Silahkan hubungi kami di 081252982900. Atau KLIK DI SINI untuk dapatkan VIDEONYA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s