MANFAAT MELAKUKAN RISET MARKET DENGAN BENAR

Sebagai pebisnis yang akan memasarkan produk atau jasanya pada banyak pelanggan, tentu akan menjadi langkah tepat diawal jika dapat memahami basis pelanggan. Tanpa mengetahui siapa pelanggan Anda, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka ingin mendapatkannya dari Anda, bisnis Anda dapat kesulitan untuk menghasilkan strategi pemasaran yang efektif.
Riset Market atau Analisis pasar adalah penilaian menyeluruh atas pasar dalam industri tertentu. Dengan analisis ini, Anda akan mempelajari dinamika pasar Anda, seperti volume dan nilai, segmen pelanggan potensial, pola pembelian, persaingan, dan faktor penting lainnya.
Analisis pasar yang terperinci biasanya akan menjadi bagian dari rencana bisnis Anda, karena ini memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang audiens dan pesaing Anda, serta membantu Anda membangun strategi pemasaran yang lebih bertarget. Berikut adalah beberapa manfaat utama lainnya dari melakukan analisis pasar:
• Pengurangan resiko: Mengetahui pasar Anda dapat mengurangi risiko dalam bisnis Anda, karena Anda akan memiliki pemahaman tentang tren pasar utama, pemain utama dalam industri Anda, dan apa yang diperlukan untuk sukses, yang semuanya akan menginformasikan keputusan bisnis Anda. Untuk membantu Anda lebih melindungi bisnis Anda, Anda juga dapat melakukan analisis SWOT, yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk bisnis.

• Produk atau layanan yang ditargetkan: Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk melayani pelanggan jika Anda benar-benar memahami apa yang mereka cari dari Anda. Ketika Anda mengetahui siapa pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan penawaran bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan Anda.

• Tren yang muncul: Menjadi yang terdepan dalam bisnis sering kali berarti menjadi orang pertama yang menemukan peluang atau tren baru, dan menggunakan analisis pemasaran untuk tetap mengikuti tren industri adalah cara yang bagus untuk memposisikan diri Anda untuk memanfaatkan informasi ini.

• Proyeksi pendapatan: Prakiraan pasar adalah komponen kunci dari sebagian besar analisis pemasaran, karena ia memproyeksikan angka, karakteristik, dan tren masa depan di pasar sasaran Anda. Ini memberi Anda gambaran tentang keuntungan yang dapat Anda harapkan, memungkinkan Anda menyesuaikan rencana bisnis dan anggaran Anda.

• Tolok ukur evaluasi: Sulit untuk mengukur kesuksesan bisnis Anda di luar angka murni. Analisis pasar memberikan tolok ukur yang dapat digunakan untuk menilai perusahaan Anda dan seberapa baik kinerja Anda dibandingkan dengan orang lain di industri Anda.

• Konteks kesalahan masa lalu: Analisis pemasaran dapat menjelaskan kesalahan masa lalu bisnis Anda atau anomali industri. Misalnya, analisis mendalam dapat menjelaskan apa yang memengaruhi penjualan produk tertentu, atau mengapa metrik tertentu berkinerja seperti itu. Ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan tersebut lagi atau mengalami anomali serupa, karena Anda akan dapat menganalisis dan menjelaskan apa yang salah dan mengapa.

• Optimasi pemasaran: Di sinilah analisis pemasaran tahunan sangat berguna – analisis reguler dapat menginformasikan upaya pemasaran Anda yang sedang berlangsung dan menunjukkan kepada Anda aspek mana dari pemasaran yang perlu berhasil, dan mana yang berkinerja baik dibandingkan dengan perusahaan lain di industri Anda.

Analisis pasar dapat menguntungkan bisnis Anda dalam banyak hal, terutama jika Anda melakukan analisis rutin untuk memastikan Anda memiliki informasi terkini untuk upaya pemasaran Anda.
Semoga artikel di atas bermanfaat. Anda membutuhkan riset untuk lokasi usaha, pasar dan lainnya silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s