MARKETING MINDSET: APA PERBEDAAN ANTARA ORANG YANG MERASA SUKSES DAN ORANG YANG MERASA GAGAL?

Jawabannya adalah pada pola pikir. Jika Anda belajar dan tumbuh dari kegagalan, tentu itu salah satu aset berharga bagi Anda. Orang yang sukses tidak menginginkan kepuasan instan. Mereka tidak pernah berpikir untuk mencapai titik kesuksesan dan tidak pernah bekerja lagi.
Sebaliknya mereka akan bertanya, “Bagaimana cara meningkatkan diri saya dan terus melakukannya secara konsisten dari waktu ke waktu?”
Ini berhubungan dengan pola pikir. Dan membuat “perubahan pola pikir” merupakan satu hal yang paling berpengaruh untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Apalagi kalau bicara soal pemasaran. Kami telah banyak berurusan dengan klien yang memiliki berbagai jenis permasalahan dalam manajemen bisnis yang tengah mereka jalankan. Namun, yang paling krusial adalah tentang pemasaran. Dalam pemasaran, Anda harus selalu mulai dengan memahami kebutuhan, keinginan, ketakutan, frustrasi, masalah, dan keinginan pelanggan Anda. Anda tidak boleh memulai dengan beriklan, membangun situs web, atau membuat produk, dll.
Ketika Anda memiliki pola pikir pemasaran yang tepat, Anda memahami pelanggan Anda lebih baik daripada mereka memahami diri mereka sendiri. Dan jika Anda dapat menggunakan kata-kata yang mereka gunakan dan mengetahui cara berpikir mereka, mereka secara tidak sadar akan percaya bahwa Anda memiliki semua jawabannya. Dan itu berarti Anda akan menjadi penasihat tepercaya mereka dan mereka akan membeli dari Anda berulang kali. Tetapi jika Anda tidak mempelajari pola pikir pemasaran yang benar, pola pikir yang telah terbukti berhasil berkali-kali, Anda tidak akan pernah bisa melakukannya dengan benar. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa mindset penjualan yang bisa membantu dan lebih memudahkan proses pemasaran Anda. 

PERALIHAN POLA PIKIR # 1: DARI MERAIH PERHATIAN MENJADI MEMEGANG PERHATIAN
Dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang ini. Pemasar lebih dimudahkan untuk menjangkau sebagian besar populasi dengan satu tempat iklan, dan untuk konsumen pun bisa sangat tertarget. Sebuah merek dengan pesan yang tepat akan melihat produk mereka terbang dari rak dengan cepat pula.
Jadi, mudah untuk melihat bagaimana pemasar menjadi terobsesi dengan iklan dan kesadaran. Meskipun mereka memahami bahwa hal-hal lain, seperti promosi di dalam toko dan berbagai layanan yang ada ikut andil, Tapi yang terpenting adalah pemikiran tentang semakin banyaknya orang tahu tentang produk Anda, semakin banyak mereka akan membeli. Itu adalah ide yang sederhana tetapi sangat berdampak positif. Poin penting yang bisa diambil disini adalah begitu pentingnya peran kesadaran konsumen bagi aktivitas pemasaran yang efektif.

PERGESERAN POLA PIKIR # 2: DARI PERTEMUAN LANGSUNG KE DARING
Produk sampingan dari penekanan historis pada kesadaran telah menjadi nilai yang ditempatkan pada jangkauan. Semakin Anda memaksimalkan jumlah bola mata yang menerima pesan Anda maka semakin besar potensi yang Anda miliki untuk meningkatkan kesadaran. Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, karena dalam lingkungan media analog, diperlukan beberapa upaya untuk menghindari duplikasi audiens Anda berkali-kali.
Jadi, generasi pemasar belajar mengoptimalkan kampanye, terutama kampanye TV, dengan membeli media jangkauan tinggi. Itulah mengapa program papan atas mampu menjual dengan harga premium. Tidak hanya memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak bola mata dengan setiap tempat, tetapi juga memperkecil kemungkinan Anda akan menduplikasi audiens dan akhirnya menampilkan terlalu banyak tempat kepada orang yang sama.
Namun teknologi digital saat ini memungkinkan kita menjangkau orang-orang dengan mudah dan, karena kita memiliki kendali yang lebih besar atas berapa kali orang melihat iklan, duplikasi bukanlah masalah. Sebagian besar, kita dapat menjangkau siapa yang kita inginkan, kapan pun kita ingin menjangkau mereka. Sekarang, masalahnya adalah konsumen begitu dibanjiri dengan pesan merek sehingga mereka sering kewalahan.
Itu sebabnya, titik masuk kritis bagi konsumen bukan lagi pesan merek, tetapi antarmuka merek. Kami dapat terhubung dengan konsumen dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya, seperti membuat mereka mengeklik iklan atau mengunduh aplikasi.

PERGESERAN POLA PIKIR # 3: DARI PESAN MENCIPTAKAN HINGGA MERANCANG PENGALAMAN
Selama beberapa dekade, pemasaran telah berfokus pada menyusun pesan yang tepat dan menyampaikannya kepada konsumen yang tepat pada waktu yang tepat. Sebagian besar, itu terbukti sebagai strategi yang berhasil. Mengomunikasikan manfaat merek dan membuatnya selalu diingat telah menjadi cara yang efektif untuk mendorong penjualan. Tetapi dunia telah berubah dan kita perlu memikirkan kembali strategi pemasaran.
Saat ini, konsumen dapat berinteraksi dengan merek melalui situs web dan telepon seluler serta di lingkungan ritel tradisional. Dari hampir semua tempat dan kapan pun, mereka dapat mengumpulkan informasi, mengajukan pertanyaan, menunjukkan preferensi, dan melakukan pembelian. Seharusnya tidak mengherankan bahwa mereka sekarang menuntut lebih dari sekadar tagline yang cerdas atau jingle yang menarik.
Saat mereka melakukannya, mereka memberi kami kesempatan untuk melayani mereka dengan lebih baik dengan menciptakan pengalaman yang positif dan imersif, melalui penggunaan data, teknologi, dan penceritaan yang efektif. Kita tidak lagi terbatas pada komunikasi tentang merek, kita dapat memperluasnya ke dalam kehidupan pelanggan kita, meningkatkannya alih-alih menginterupsi dengan kasar.
Teknologi digital telah memberi kita alat dan sumber daya untuk melakukan semua ini. Kemampuan kami untuk membuat dan menerbitkan konten, mengumpulkan dan menganalisis data, serta berinteraksi dengan konsumen secara real time melampaui apa yang dapat dibayangkan siapa pun bahkan satu dekade yang lalu. Pekerjaan sebenarnya terletak pada pengalihan pola pikir kita dari batasan sebelumnya ke kemungkinan yang ada di hadapan kita sekarang. Demikian jika Anda membutuhkan informasi lebih jelas perihal pemasaran, silahkan hubungi kami konsultan pemasaran profesional, melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor wa https://wa.me/62812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s