5 MANFAAT UTAMA MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PENJUALAN

Bahkan jika Anda memiliki bakat untuk menutup transaksi atau memiliki brosur, iklan, dan halaman situs web yang efektif untuk menghasilkan penjualan individu, itu seringkali tidak cukup untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Menggunakan berbagai teknik manajemen penjualan untuk mencapai tambahan 5 persen hingga 10 persen dari potensi Anda dapat berarti perbedaan antara menjaga kepala Anda tetap di atas air dan menghasilkan keuntungan yang mendanai pertumbuhan dan ekspansi Anda yang berkelanjutan.

Masih bertanya-tanya mengapa Anda harus menggunakan sistem manajemen penjualan? Berikut adalah lima manfaat utama yang akan Anda dapatkan dengan memasukkan platform ini ke dalam bisnis Anda.

Manajemen penjualan

Manajemen penjualan mencakup lebih dari sekadar melacak bisnis yang Anda pesan dan memberikan dukungan untuk tim penjualan Anda. Ini dimulai dengan membantu mengembangkan produk yang tepat, menetapkan harga yang tepat dan mendistribusikan di tempat yang tepat, dan berlanjut dengan pesan pemasaran, layanan pelanggan, dan upaya penjualan lainnya, menurut Referensi untuk Bisnis. Semua upaya ini harus dikoordinasikan sehingga tidak ada yang mengganggu yang lain. Menetapkan rencana, memantaunya, dan melacak hasil memungkinkan Anda terus beradaptasi, menghilangkan kelemahan, dan memanfaatkan peluang.

Meningkatkan Pengembangan Produk

Program manajemen penjualan mencakup meminta staf penjualan Anda tetap berhubungan dekat dengan pelanggan dan mengamati persaingan untuk menentukan apakah lini produk Anda serelevan mungkin. Menambahkan produk baru ke lini Anda, mengubah atau menghilangkan fitur atau menghilangkan item dari bauran produk Anda semuanya dapat membantu Anda memaksimalkan penjualan dan keuntungan. Lakukan tinjauan rutin tentang apa yang Anda jual untuk memastikan Anda menawarkan produk atau layanan yang optimal untuk menghasilkan volume penjualan dan margin keuntungan yang tinggi.

Mengoptimalkan Distribusi

Laporan penjualan tidak hanya memberi Anda informasi tentang apa yang dijual dan berapa banyak yang Anda jual, tetapi di mana Anda menghasilkan penjualan melalui hubungan antara proses penjualan dan distribusi. Program manajemen penjualan mengevaluasi metode distribusi Anda dan memaksimalkan penggunaannya.

Sebagai contoh untuk menunjukkan pentingnya manajemen penjualan dan distribusi, jika penjualan online Anda kuat tetapi volume ritel Anda tertinggal, Anda mungkin menemukan ini karena pelanggan mendapatkan lebih banyak informasi saat mereka berbelanja online, membantu mereka membeli dengan percaya diri. Untuk meningkatkan penjualan eceran, Anda dapat memberikan pelatihan pengecer yang lebih baik, lebih banyak promosi di dalam toko, dan mengubah kemasan produk Anda. Manajemen penjualan dan distribusi menurut definisi berjalan seiring.

Keputusan Keuangan yang Lebih Baik

Beberapa produk terlaris Anda, dalam hal volume, mungkin memberikan margin keuntungan terendah, menyebabkan beban pada departemen produksi dan administrasi Anda. Laporan penjualan terperinci memberi Anda informasi tentang biaya overhead dan produksi, biaya biaya penjualan, dan margin keuntungan Anda.

Item dengan margin rendah dengan volume penjualan yang tinggi mungkin memberikan margin keuntungan yang bagus, menjadikannya item yang tidak perlu dipikirkan lagi untuk disimpan di lini Anda. Jika Anda dapat menghilangkan item ini, yang menyebabkan peningkatan yang sesuai dalam penjualan item dengan margin lebih tinggi, Anda mungkin ingin menghentikan penjualannya. Manajemen penjualan melihat kontribusi keuntungan, biaya peluang, dan dampak membawa setiap produk pada operasi Anda.

Meningkatkan Kualitas Staf

Rencana penjualan hanya sebaik orang yang menggunakannya, dan bagian penting dari program manajemen penjualan adalah merekrut, melatih, dan mengelola staf penjualan, menurut Panduan Studi Manajemen. Manajer penjualan yang baik mampu memotivasi tim penjualannya. Ini termasuk mengembangkan pengetahuan produk mereka, melatih mereka saat menelepon, meningkatkan keterampilan menulis dan presentasi, serta membantu mereka mengerjakan wilayah mereka secara efektif.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam merapikan manajemen konvensional menjadi manajemen modern di bagian penjualan dengan bantuan sistem informasi teknologi seperti SIA (sistem informasi akuntansi) dan sistem informasi manajemen lainnya, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s