TUJUAN DIPERLUKANNYA STANDAR SNI PADA PRODUK

Cara menilai sebuah produk, apakah produk itu berkualitas baik atau tidak? Bisa kita lihat apakah produk tersebut sudah berstandar yang diakui atau belum. Jika produk tersebut memang sudah memiliki standar yang diakui, sudah jelas bahwa produk tersebut adalah produk dengan kualitas yang baik.
Badan Standarisasi Nasional (BSN) adalah satu-satunya lembaga di Indonesia yang bisa memberikan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan tujuan memberikan perlindungan kepada konsumen yang akan menggunakan suatu produk.
Mengutip pengertian dari situs resmi BSN, SNI merupakan dokumen standar teknis yang disusun oleh perwakilan produsen, konsumen, regulator, akademisi, praktisi, asosiasi, dan lain-lain yang diwadahi dalam suatu Komite Teknis, sehingga standar ini dapat digunakan untuk menilai dan menguji suatu produk yang dimiliki oleh pelaku usaha atau pemilik merek dagang.
Secara umum, ada dua jenis SNI yaitu jenis SNI Wajib dan jenis SNI Sukarela. Pada dasarnya, SNI itu bersifat sukarela, namun untuk tujuan tertentu, ada produk-produk tertentu yang SNInya diwajibkan oleh negara.Tujuan-tujuan tersebut seperti yang diamanahkan dalam Pasal 12 ayat [3] PP 102/2000 yaitu sebagai berikut

• Perlindungan konsumen, tenaga kerja yang membuat produk, dan masyarakat dari aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan.
• Pertimbangan keamanan negara.
• Tuntutan perkembangan ekonomi dan kelancaran iklim usaha dan persaingan yang sehat.
• Pelestarian fungsi lingkungan hidup, maka pemerintah menetapkan produk-produk tertentu yang wajib memiliki SNI sebelum diedarkan di masyarakat.

Sebagai pemilik suatu usaha, Anda perlu mengetahui apakah produk yang Anda produksi sudah tergolong kategori wajib SNI atau tidak. Daftarnya mungkin saja bertambah karena pemerintah berusaha untuk menambah lebih banyak daftar produk wajib SNI guna memberikan perlindungan kepada konsumen dengan lebih baik.
Bila ada sebuah produk yang masuk daftar wajib SNI namun ternyata tidak didaftarkan dan langsung disebar di pasaran, maka aparat penegak hukum sangat berhak untuk menarik peredaran produk tersebut. Sementara itu, bila belum termasuk wajib SNI, pengusaha bisa saja mendaftarkan sertifikasi produknya itu karena dapat memberikan nilai tambah tersendiri pada sebuah produk (value added). Jika Anda membutuhkan jasa atau bantuan untuk mendaftarkan produk Anda agar bisa memiliki label SNI. Silahkan hubungi kami mellaui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://wa.me/ 6281252982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s