BAGAIMANA CARA MELAKUKAN PROMOSI MURAH DAN EFEKTIF

Promosi bisnis adalah salah satu cara pemasaran dengan tujuan mengenalkan merek ke kalayak ramai atau untuk memperluas perseberan produk yang dimiliki. Anda harus menghabiskan setidaknya satu jam sehari untuk promosi bisnis atau merencanakan bagaimana mempromosikan bisnis Anda.
Anda mempromosikan bisnis Anda dengan menyebarkan berita, dan aksioma pertama dari promosi bisnis adalah Anda harus melakukan ini secara sadar. Anda tidak dapat mengandalkan orang lain untuk melakukannya untuk Anda, tidak peduli seberapa hebat produk atau layanan Anda. Aksioma kedua dari promosi bisnis adalah seperti setiap aspek lain dari bisnis Anda, ini adalah aktivitas yang dianggarkan. Tapi promosi tidak harus mahal. Berikut sepuluh cara murah untuk mempromosikan bisnis Anda dan sebagian besar cara ini akan membebani Anda beberapa waktu.

1. Promosikan Bisnis Anda Kapanpun Anda Berkomunikasi
Anda memiliki kartu nama, tetapi Anda juga mengeluarkan banyak dokumen lain selama menjalankan bisnis. Periksa ini untuk memastikan Anda menggunakan kemungkinan promosi mereka secara maksimal.
Apakah nama bisnis, logo, informasi kontak (termasuk alamat web), dan slogan Anda ada di semua korespondensi Anda? Dokumen apa pun yang Anda kirim (baik elektronik maupun cetak) harus memiliki kop surat dengan semua informasi perusahaan Anda.
Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa email Anda memiliki tanda tangan lengkap yang memberikan semua informasi bisnis Anda dan tagline promosi. Anda juga dapat menambahkan bagian dengan tautan untuk Facebook, LinkedIn, Twitter, dan Pinterest sehingga penerima dapat terhubung dengan Anda di media sosial.
Dokumen elektronik, seperti email, mudah diperbarui dengan informasi promosi bisnis terbaru Anda, baik berupa harga khusus untuk produk atau layanan Anda atau memberi tahu orang-orang bahwa perusahaan Anda telah memenangkan penghargaan.

2. Buatlah Billboard Seluler yang Berbungkus Kendaraan Anda
Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara sepreti menempelkan nama dan nomor telepon bisnis yang menghiasi salah satu jendela atau pintu kendaraan. Pikirkan semua orang yang melihat kendaraan Anda saat Anda mengemudi, terutama jika Anda tinggal di tempat yang sering kali orang terjebak macet.
Iklan ini terdiri dari penerapan “stiker” yang dapat dilepas yang berisi logo dan informasi bisnis Anda. Wraps dicetak secara digital pada media yang diaplikasikan secara khusus dan tidak akan merusak cat kendaraan.

3. Gunakan Media Sosial untuk Mempromosikan Bisnis Anda
Facebook, Twitter, dan YouTube adalah cara yang bagus untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial. Untuk memulai dengan media sosial, buat rencana media sosial. Jika Anda ahli dalam merekam video (atau mengenal seseorang yang ahli video), Anda dapat merekam video promosi produk atau layanan Anda dan mempostingnya di YouTube. Atau memanfaatkan aplikasi desain gratis untuk membuat konten berupa gambar yang bisa di posting di media sosial.

4. Promosikan Bisnis Anda dengan Blogging dan Menulis Artikel
Saat Anda memikirkan cara mempromosikan bisnis Anda, jangan lupa menulis artikel. Artikel yang ditulis dengan baik dapat memberikan iklan gratis dan membangun promosi dari mulut ke mulut yang positif. Jika Anda seorang makelar rumah, misalnya, Anda bisa menulis artikel tentang bagaimana mempersiapkan rumah sejak dini. Jika Anda seorang desainer situs web, Anda dapat menulis artikel tentang menilai kegunaan situs web. Semakin spesifik topik Anda, semakin baik. Tulis catatan biografi singkat, atau “uraian” tentang Anda dan bisnis Anda untuk disertakan bersama artikel.

5. Gunakan Siaran Pers untuk Promosi Bisnis
Mengirimkan siaran pers adalah cara hebat lainnya untuk mendapatkan promosi bisnis gratis. Peringatan untuk menggunakan siaran pers sebagai alat promosi bisnis adalah bahwa siaran pers Anda harus benar-benar berisi informasi yang layak diberitakan dan cukup menarik untuk menarik minat orang.
Apakah bisnis Anda baru-baru ini berkembang? Apakah Anda memiliki produk baru? Apakah Anda pernah terlibat dalam beberapa aktivitas promosi seperti mensponsori acara amal? Apakah Anda atau perusahaan Anda baru-baru ini memenangkan penghargaan? Semua ini adalah contoh “berita” yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan promosi gratis untuk bisnis Anda. Siaran pers dapat diterbitkan secara online atau dalam bentuk cetak.

6. Gunakan Buddy Marketing (Promosi Silang)
Buddy marketing melibatkan bergabung dengan bisnis atau bisnis lain dan mengumpulkan sumber daya Anda untuk mempromosikan semua bisnis Anda. Seperti halnya usaha patungan, pemasaran teman adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan Anda.
Misalnya, saat Anda mengirimkan brosur, Anda dapat menyertakan selebaran dan / atau kartu nama bisnis lain yang telah setuju untuk melakukan hal yang sama untuk Anda. Ini memberi Anda peluang untuk menjangkau kumpulan pelanggan potensial yang benar-benar baru.
Anda juga dapat merencanakan dan melakukan promosi bisnis dengan bisnis pelengkap. Toko hewan peliharaan dan bisnis perawatan hewan peliharaan, misalnya, mungkin menggunakan iklan bersama atau mengadakan kontes bersama. Ini dapat sangat mengurangi biaya mempromosikan bisnis Anda dan memungkinkan setiap bisnis menggunakan teknik promosi yang akan terlalu mahal untuk diterapkan sendiri.

7. Berikan Gratis sebagai Promosi Bisnis
Kita semua terbiasa mendengar atau membaca iklan yang menjanjikan bahwa 50 orang pertama yang mengunjungi toko tertentu akan menerima produk gratis. Bisa produk apa saja dari mawar merah sampai es krim cone! Pulpen, mug desainer, topi bola, dan kaos juga selalu populer. Kita semua akrab dengan promosi spot semacam ini karena berhasil. Orang senang menerima hal-hal yang gratis.
Selain menggunakan barang gratis sebagai promosi bisnis, Anda juga dapat menggunakannya secara teratur sebagai “hadiah” bagi pelanggan. Hal-hal kecil dan murah apa yang bisa Anda berikan dengan produk atau layanan Anda yang akan membuat pelanggan Anda berpikir baik tentang Anda? Menggabungkan promosi bisnis dengan hadiah pelanggan jelas merupakan situasi win-win.

8. Promosikan Bisnis Anda Melalui Aktivitas Waktu Luang Anda
Baik aktivitas rekreasi yang Anda pilih adalah mengerjakan proyek restorasi museum, panjat tebing, atau berbelanja, ada berbagai macam cara untuk mempromosikan bisnis Anda sambil melakukan hal yang Anda sukai.
Di manakah salahnya berbelanja atau panjat tebing dengan mengenakan kaos yang mencantumkan nama bisnis Anda secara mencolok? Atau dalam membawa kartu bisnis Anda ke mana pun Anda pergi dan memotong kartu Anda ke slip saat Anda membayar pembelian dengan kartu? Jika Anda atau anak-anak Anda bermain di tim olahraga (atau Anda hanya tertarik pada salah satunya) pertimbangkan untuk menjadi sponsor dan dapatkan info bisnis Anda di seragam tim. Biasakan melakukan promosi bisnis ke mana pun Anda pergi dan Anda akan terkejut bagaimana perkembangan dari mulut ke mulut.
Jika aktivitas waktu luang Anda melibatkan kelompok, Anda mungkin bertanya apakah Anda dapat memasukkan informasi bisnis Anda pada semua buletin mereka yang akan keluar, atau menanyakan apakah Anda setidaknya dapat memberikan brosur kepada semua orang.
Dan dengan segala jenis aktivitas kelompok, selalu ada peluang untuk mempromosikan bisnis Anda dengan memberi tahu orang lain apa yang Anda lakukan dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan mereka. Ini tidak berarti Anda tidak membicarakan hal lain, tetapi pasti ada peluang untuk membicarakan bisnis Anda yang muncul selama percakapan normal.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat, dan jika Anda membutuhkan informasi lebih tentang cara-cara pemasaran yang efektif. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s