BEBERAPA LANGKAH MENCIPTAKAN KESEHATAN KEUANGAN BISNIS ANDA

Setiap bisnis kecil, bahkan yang paling sukses, dapat mengambil manfaat dari perubahan uang dari waktu ke waktu. Beberapa perubahan terbaik adalah yang berbasis operasi karena dapat membantu Anda meningkatkan keuangan bisnis Anda pada skala yang lebih besar, lebih berkelanjutan. Tujuh tips berikut mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk dieksekusi, tetapi tidak menyulitkan, dan akan membantu Anda menciptakan perubahan abadi dalam keuangan usaha kecil Anda.

1. Ubah Proses Piutang Akun Anda
Kunci untuk memastikan arus kas yang memadai adalah pembuatan faktur dan penagihan pembayaran yang tepat waktu. Jika Anda menagih pelanggan Anda pada jadwal longgar dan sporadis, Anda akan dibayar pada jadwal longgar dan sporadis pula. Buat kebijakan penagihan standar, yang mencakup ketentuan pembayaran yang jelas, dan garis besar proses yang akan Anda ambil untuk menagih tagihan yang belum dibayar, kemudian ikuti terus. Dan jangan takut untuk menjangkau pelanggan Anda secara pribadi untuk menanyakan tentang pembayaran. Terkadang hanya sentuhan pribadi yang Anda butuhkan untuk memastikan pembayaran dikirimkan tepat waktu.

2. Singkirkan Persediaan Usang atau Tanpa Penggunaan
Persediaan yang tidak digunakan atau kedaluwarsa tidak hanya menghabiskan ruang, tetapi juga membuang-buang uang. Lakukan analisis inventaris beberapa kali setahun untuk melihat apa yang telah Anda simpan yang tidak Anda antisipasi penjualan atau gunakan dalam 12 bulan ke depan. Semua inventaris Anda yang berfungsi dengan baik dapat dijual dengan diskon, atau bahkan dikembalikan ke vendor, memberi dorongan cepat bagi bisnis Anda.

3. Go Green
Membuat bisnis Anda lebih ramah lingkungan seharusnya bukan hanya taktik PR atau sesuatu yang Anda pikirkan setahun sekali, tetapi juga cara untuk meningkatkan keuangan Anda dalam jangka panjang. Dan itu mudah dilakukan. Matikan peralatan pada akhir hari, gunakan lampu hemat energi, daur ulang, dan gunakan kembali produk untuk menghemat biaya. Anda bahkan mungkin ingin mempertimbangkan tanpa kertas dalam bisnis kecil Anda untuk mengurangi biaya dan merampingkan operasi Anda. Ini sangat efektif saat mengirim dan menerima faktur.

4. Negosiasikan Biaya Pemrosesan Kartu Kredit Anda
Perusahaan kartu kredit terkenal karena memotong pendapatan bisnis. Berbelanja dengan harga bersaing sebelum Anda menyetujui biaya pemrosesan tertentu. Jika Anda sudah bekerja dengan penyedia, negosiasikan tarif Anda dengan memberi mereka perincian tentang apa yang ditagih pesaing mereka. Ini bisa menjadi cara cepat untuk menurunkan biaya yang harus dibayar bisnis Anda setiap kali Anda menerima pembayaran kartu kredit.

5. Bersahabatlah dengan Arus Kas Anda
Arus kas adalah proses uang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Ini terjadi setiap hari, meskipun Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya kecuali sudah waktunya untuk menutup bulan atau meninjau file Anda dengan akuntan Anda selama musim pajak. Paling tidak, Anda harus tahu pada akhir setiap hari apa utang Anda dan apa yang harus Anda bayar dalam beberapa minggu mendatang. Memiliki visibilitas semacam ini ke dalam keuangan bisnis Anda dapat membantu Anda mempersiapkan diri dan dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan situasi tak terduga yang mungkin membutuhkan biaya yang tidak Anda rencanakan untuk pengeluaran.

Pilih satu atau dua metode ini untuk memberi bisnis kecil Anda perubahan uang yang akan membuat bisnis Anda lebih efisien dan menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk lebih banyak ide tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan keuangan usaha kecil Anda, tinjau praktik pengelolaan uang sederhana ini yang dapat membantu Anda membentuk kebiasaan keuangan yang lebih baik setiap hari.
Demikian jika Anda membutuhkan konsultan untuk menangani keuangan bisnis Anda di Era Pandemi Covid-19 atau inhouse training mengenai PENGELOLAAN PIUTANG PENJUALAN ANDA, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WA 0812-5298-2900. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s