CARA MELAKUKAN PEMASARAN OMNICHANNEL LEBIH EFEKTIF

Pemasaran online sudah bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Dengan laju perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita dapat melakukan promosi melalui berbagai platform teknologi. Pengalaman konsumen yang seamless merupakan salah satu alasan mengapa kegiatan pemasaran omni channel saat ini sangat relevan dilakukan. Proses omni channel mulai dari penawaran iklan produk, proses pencarian informasi pelanggan di channel online dan offline, dan pada akhirnya keputusan pelanggan tersebut untuk membeli. Namun, banyak orang yang tidak melakukan pemasaran ini dengan efektif. Untuk itu, di sini kami tim GroEdu International Consultan (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan pengetahuan kepada anda mengenai cara melakukan pemasaran omnichannel yang lebih efektif.

Apa Itu Omnichannel?
Omnichannel adalah gabungan dari dua kata : omni dan channel. Omni memiliki arti lintas atau melintasi, maknanya kurang lebih sama dengan kata cross. Channel sendiri diartikan sebagai jalur yang Anda gunakan untuk menjual produk Anda kepada pelanggan. Jika digabungkan, maka omnichannel adalah suatu model bisnis dengan menggabungkan semua channel ke dalam satu sistem agar pelanggan lebih nyaman dan puas saat berbelanja.

Cara Melakukan Pemasaran Omnichannel
Mungkin bagi kita yang belum terlalu familiar dengan apa itu omnichannel menjadi bingung. Namun bagi seseorang atau pebisnis yang sudah terbiasa dalam menggunakan aplikasi, istilah ini sudah menjadi sesuatu yang bersifat biasa. Untuk itu agar semuanya menjadi lebih jelas, maka kami akan mencoba menjelaskan apa itu aplikasi berbasis omnichannel.
Secara bisnis kita bisa menjelaskan apa itu aplikasi berbasis omnichannel dengan sebuah penjelasan tersebut. Ambil contoh omnichannel dalam sebuah bisnis ritel. Ritel Omnichannel bisa juga di katakan sebagai sebuah konsep aplikasi yang akan memberikan kemudahkan kepada customer dalam melakukan proses penjualan produksnya. Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa sistem penjualan yang ada dalam model ritel omnichannel tersebut mampu menberikan beragam model yang bisa di gunakan. Dari mulai channel penjualan yang berasal dari sumber toko fisik, penjualan yang berasal dari sistem e-commerce internet, kemudian bisa juga model penjualan yang berasal dari mobile ( m-commerce), hingga model penjualan produk yang berasal dari social commerce.
Omnichanel dijalankan dengan menggabungkan semua elemen bisnis Anda ke dalam satu sistem yang terintegrasi. Jika selama ini Anda menggunakan banyak platform teknologi secara terpisah, maka omnichannel adalah penggabungan dari semua channel tersebut.

Dengan integrasi yang maksimal, omnichannel bisa menjadi solusi tepat untuk bisnis Anda agar dapat memaksimalkan pengalaman pengguna. Yang harus Anda perhatikan adalah sumber daya dan akurasi data yang Anda miliki. Anda harus merespon dengan cepat kapanpun pelanggan membutuhkan informasi, dari channel manapun pelanggan tersebut menghubungi Anda. Informasi yang Anda berikan juga harus akurat agar tidak mengecewakan pelanggan.
Memang sistem omnichannel ini memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Dimana beberapa keuntungan yang bisa di dapat dari model omnichannel adalah beberapa hal yang bisa di gunakan untuk melakukan riset produk, melakukan aktivitas untuk pembelian dan mendapatkan serta mengembalikan serta melakukan penukaran barang dari sisi peritel hingga pada akhirnya terlepas dari model channel penjualan yang biasa di gunakan oleh pebisnis yang bersangkutan.

Semoga anda telah memahami pengertian yang telah kami berikan. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda memiliki pertanyaan untuk mengetahui informasi tersebut lebih detail. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 atau 081-8521172. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s