TIPS MEMBUKA CABANG BARU YANG EFEKTIF

Ketika usaha yang anda jalani mendulang kesuksesan, sebagai pengusaha anda pasti ingin mengembangkan usaha anda menjadi lebih luas lagi. Salah satu caranya adalah dengan membuka cabang usaha baru. Melakukan ekspansi bisnis seperti membuka cabang baru merupakan impian semua pebisnis. Di mana, pembukaan cabang baru merupakan salah satu tanda kesuksesan bisnis anda.
Namun membuka cabang usaha baru bukanlah perkara yang mudah. Sebelum membuka cabang baru, anda harus memiliki pemikiran yang matang dan mulai memikirkan semua kemungkinan yang terjadi. Memiliki satu cabang usaha, anda sebagai pemilik dapat secara langsung mengelola dan memantau operasional usaha. Namun, saat anda memiliki beberapa cabang, tanggung jawab yang dimiliki pun akan semakin besar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengetahuan mengenai tips membuka cabang usaha baru yang akan berguna bagi kemajuan bisnis Anda.

Pastikan Usaha Pertama Berjalan Dengan Baik
Tidak perlu terburu-buru untuk membuka cabang baru. Banyak bisnis yang sukses karena fokus mengurus satu cabang usahanya. Namun jika pengembangan bisnis anda bisa didapatkan dengan membuka cabang usaha baru, maka pastikan dahulu usaha utama berjalan dengan lancar. Hal ini karena membuka cabang usaha baru akan membutuhkan waktu dan perhatian yang cukup banyak sehingga anda harus memastikan jika toko bisa beroperasi tanpa anda. Apabila anda merasa toko pertama anda belum bisa berjalan dengan lacar seperti yang diharapkan, lebih baik tidak memaksakan kehendak untuk membuka cabang baru karena hal tersebut hanya akan membuat anda keteteran.

Persiapkan Modal
Setelah memastikan usaha utama berjalan dengan baik dan lancar, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah modal. Membuka cabang usaha hampir sama seperti membuka usaha untuk pertama kalinya. Harus anda persiapkan dengan perhitungan yang detail terlebih dahulu. Jangan sampai modal yang tersedia tidak cukup untuk membuka cabang baru tetapi anda tetap memaksanya. Dan yang perlu diingat lagi adalah belum tentu pendapatan cabang baru tersebut baik modal atau menghasilkan keuntungan dalam waktu yang cukup singkat.

Siapkan Lokasi Yang Strategis
Sebelum membuka cabang baru, pastikan anda telah menganalisis terlebih dahulu lokasi baru yang ingin anda gunakan untuk membuka cabang. Usahakan cari lokasi yang strategis dalam melakukan ekspansi. Lokasi strategis dapat membantu berkembangnya perusahaan di masa depan. Usahakan pilih lokasi yang dekat dengan target pasar yang anda bidik. Selain itu, keamanan lokasi tersebut patut anda pertimbangkan.

Siapkan SDM Yang Tepat
Membuka cabang baru berarti memberi anda siap untuk merekrut sumber daya manusia baru. Walaupun merupakan cabang, masalah perekrutan sumber daya manusia tidak boleh dinomor duakan. Ketika perhatian dan waktu anda tersita untuk mengelola cabang usaha baru, pastikan bahwa anda telah memilih orang yang tepat, berkompeten dan dapat bertanggung jawab untuk mengelola toko pertama anda. Bisa dibilang, anda perlu merekrut manajer yang nantinya akan mengelola toko dan cabang baru anda nantinya.

Lakukanlah Promosi Yang Baik
Agar cabang baru anda dikenal oleh banyak konsumen. Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan promosi. Promosi bisa dilakukan di toko utama. Bisa dengan anda membuat banner pemberitahuan. Bisa juga dengan meminta pegawai anda memberitahukan kepada pelanggan anda. Dan jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media sebagai wadah promosi. Media sosial merupakan wadah promosi yang paling efektif. Karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Berikan juga promo khusus pada pembukaan toko baru anda untuk menarik konsumen sebanyak mungkin.

Hal yang harus diperhatikan setelah memutuskan membuka cabang usaha yang baru adalah tetap lanjutkan pengelolaan usaha utama anda. Promosi tetap harus berjalan dan keuangan perusahaan anda tetap harus diperhatikan. Namun , di zaman sekarang bukanlah suatu hal yang sulit bukan untuk melakukan itu semua. Hal lain yang harus diperhatikan adalah anda harus lebih ekstra dalam segala aspek bisnis mulai dari proses produksi, penjualan dan lain sebagainya. Ekspansi dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan bisnis anda. Namun, ini juga berisiko tinggi. Dengan mempertimbangkan semua hal di atas, anda akan meningkatkan peluang lokasi kedua anda untuk sukses.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk membuka cabang baru bagi bisnis anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 081-8521172. Kami siap membantu. Semoga artikel ini mampu membantu anda dalam membuka cabang baru bagi bisnis anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s