TIPS EFEKTIF DALAM MEREKRUT HRD

Ada beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi HRD yang profesional. Membaca karakter seseorang bukanlah satu-satunya kualifikasi yang harus dimiliki para HRD (human resource development). Akan ada banyak kepentingan perusahaan yang berhubungan dengan tugas HRD. Misalnya, memastikan perusahaan memiliki semua SDM (sumber daya manusia) yang dibutuhkan, mengurusi keperluan perusahaan dengan peraturan pemerintah, hingga menjaga hubungan antar karyawan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia HRD (Human Resource Department) para manajer HRD tak selalu benar-benar bekerja secara profesional dalam lingkup manajemen sumber daya manusia/SDM untuk mencapai tujuan perusahaan. Seorang manajer HRD yang baik harus terus menemukan cara untuk mengerjakan tugasnya, sekaligus menjadi pemimpin yang bijaksana. Mulai dari proses perekrutan, menyusun peraturan perusahaan, hingga memenuhi hak-hak setiap karyawan.

Perekrutan seorang HRD tidak boleh asal-asalan, karena menyangkut keberlangsungan hidup sebuah perusahaan tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu Internasional Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen Usaha yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan pengetahuan mengenai tips efektif dalam merekrut seorang HRD.

Mempunyai Kursus Pelengkap untuk Karir HRD

Syarat menjadi HRD tidaklah sulit, jika Anda serius maka sebaiknya Anda mengikuti kursus pelengkap mengenai pengetahuan bisnis, ilmu sosial, psikologi, sosiologi dan keuangan. Selain itu, Anda juga bisa memilih ilmu administrasi bisnis, administrasi publik, ekonomi, statistik atau ilmu politik.

Mempunyai Soft Skill Yang Baik

Selain kemampuan di bidang SDM, seorang HR juga tentu saja diharuskan memiliki soft skill yang baik. Soft skill terdiri dari kepribadian, perilaku, sopan santun, mengelola emosi, bekerja sama dan bisa berpikir untuk bekerja secara efisien.

Perusahaan tidak akan berjalan dengan baik jika HR nya memiliki soft skill yang buruk.  Oleh karena itu, penting bagi HR profesional berusaha menjadi HRD yang baik.

Merupakan Lulusan Sarjana

Jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk seorang HRD bisa semua bidang studi, namun hanya untuk staff HR secara umum. Sementara untuk HRD Recruitment dikhususkan jurusan Psikologi. Gelar Sarjana diperlukan sebagai syarat, mengingat kuatnya kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini. Lulusan Sarjana juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan terbaik dan juga menerima penawaran gaji yang tinggi. Selain memiliki pengetahuan yang lebih banyak, perubahan dan pertambahan kebijakan dalam hukum ketenagakerjaan juga turut mempengaruhi diperlukannya gelar Sarjana (S1) dalam bidang ini.

Mampu Memahami Beragam Karakter Manusia

Karyawan dalam sebuah perusahaan tentu memiliki latar belakang yang beragam. Baik dari segi latar belakang pendidikan, pergaulan, serta cara mereka untuk menghadapi persoalan dalam perusahaan itu sendiri. Singkatnya, tiap-tiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan tentu memiliki beragam karakter pula.

Seorang HRD yang baik tentu wajib memiliki kemampuan untuk mengenali karakter masing-masing karyawan. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam upaya untuk menjembatani karyawan dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Segala macam informasi pun dapat ditangkap sebagaimana mestinya sehingga mendapatkan respons yang sesuai dengan harapan kedua belah pihak.

Pengertian HRD adalah kerangka kerja yang dibuat untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, kemampuan pribadi serta perusahaan. Untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di perusahaam, HRD akan fokus untuk melakukan pelatihan, pendidikan atau jenis pengembangan lainnya untuk karyawan setelah mereka dipekerjakan dalam perusahaan. Semua kegiatan yang terkait dengan HRD adalah bertujuan untuk memudahkan proses orientasi karyawan dan untuk meningkatkan kesuksesan karir karyawan. Jadi, anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih HRD bagi perusahaan anda. Anda harus melihat dan mempertimbangkan mana yang menurut anda baik bagi perusahaan anda.

Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk memilih seorang HRD yang cocok bagi perusahaan anda. Atau membutuhkan jasa rekrut SDM untuk perusahaan, Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s