TIPS BAGAIMANA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN YANG POTENSIAL

Membuat konsumen melakukan pembelian dari perusahaan anda adalah langkah pertama untuk mengubahnya menjadi pelanggan. Setelah seseorang menjadi pelanggan, anda perlu menjalin hubungan untuk mempertahankan mereka dalam jangka panjang. Retensi pelanggan yang puas adalah kunci untuk beralih dari penjualan baik ke penjualan besar sebagai bisnis. Tentu saja, membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan tidak terjadi begitu saja. Memberikan layanan berkualitas secara langsung berkaitan dengan kepuasan pelanggan dan, sebagai akibatnya, membangun hubungan pelanggan jangka panjang. Berikut ini beberapa tips bagaimana mempertahankan pelanggan yang efektif hingga jangka panjang.

Utamakan Kejujuran
Loyalitas selalu didasarkan pada kepercayaan. Tidak ada cara yang lebih pasti untuk menghancurkan kepercayaan pelanggan selain berbohong atau mempraktikkan penipuan. Untuk memastikan bisnis anda dapat berinteraksi secara jujur dengan konsumen, membangun kepercayaan dan loyalitas mereka, maka yang anda perlukan adalah menugaskan anggota staf untuk memeriksa semua publisitas fakta, membangun sistem untuk tindak lanjut dengan pelanggan, menggunakan metode pemasaran dan penetapan harga yang transparan. Beberapa praktik sederhana tersebut dapat meningkatkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa bisnis anda layak memiliki hubungan jangka panjang.

Meminta Maaf saat Terjadi Kesalahan
Kesalahan merupakan bagian dari bisnis sukses anda, dengan ini anda akan semakin terpacu untuk mengevaluasi dan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Terkadang kampanye pemasaran, iklan, layanan pelanggan, dan aspek bisnis lainnya menjadi kacau. Pelanggan memahami bahwa setiap orang membuat kesalahan. Ketika anda membuat kesalahan dan meminta maaf karenanya, tentu anda akan mendapatkan rasa hormat dan bisa kembali diterima oleh pelanggan. Jika itu adalah kesalahan besar dan telah tersebar luas, buat permintaan maaf secara publik. Jika tidak, pastikan untuk menjangkau pelanggan dengan permintaan maaf pribadi. Tawarkan diskon atau tanda penghargaan lain untuk menunjukkan bahwa anda ingin menebus kesalahan.

Bangun Komunikasi Jangka Panjang
Pelanggan yang loyal tentu akan bergantung pada komunikasi yang mereka bisa akses dengan anda sebagai pelaku bisnis. Entah itu tentang produk, layanan, perubahan harga, dan banyak lagi. Menjadi sangat komunikatif dan jelas dalam semua komunikasi akan membuat pelanggan senang dengan merek Anda. Namun perlu anda ingat bahwa Bertingkah seperti spammer bukan cara untuk membangun koneksi jangka panjang. Yang anda lakukan adalah tawarkan opsi kepada pelanggan untuk memilih jenis informasi apa yang ingin mereka terima dari Anda, seberapa sering, dan melalui mode apa (seperti melalui chat atau email).

Pastikan Layanan Anda Adalah Yang Terbaik
Meskipun anda mungkin berharap pelanggan anda tidak pernah memiliki masalah yang mengharuskan mereka untuk menghubungi customer service anda, namun kenyataannya masih banyak pelanggan yang kadang kembali dan membutuhkan bantuan. Apakah itu membutuhkan bantuan untuk menemukan barang di toko atau mengembalikan produk yang dibeli secara online, pelanggan akan berinteraksi dengan petugas customer service anda. Customer juga menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan anda. Banyak konsumen berhenti kembali ke bisnis ketika mereka mendapat layanan yang buruk. Banyak cara yang bisa anda terapkan untuk memastikan kinerja customer service yang lebih baik, seperti memberi pelatihan kepada staf customer service, menetapkan protokol yang cepat dan mudah bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan, kembali ke pelanggan dengan cepat, tawarkan gratis atau diskon untuk menebus kekecewaan, dan lainnya. Membuat berbagai cara bagi konsumen untuk mendapatkan layanan dengan mudah merupakan tindakan yang dapat meningkatkan kecenderungan pelanggan untuk melaporkan bahwa mereka senang dengan layanan anda.

Ikuti Perkembangan Tren Pelanggan
Jangan selalu terpaku pada produk atau layanan anda saat ini. Anda harus senantiasa memperhatikan tren masa kini yang menjadi minat para pelanggan anda. Selain secara teratur melakukan penelitian dan analisis demografis. Pantau perilaku pelanggan juga. Segala sesuatu dari produk anda hingga platform online anda hingga pemasaran anda perlu menyesuaikan dengan tren agar tetap relevan.

Tawarkan Keamanan
Bagian dari membangun kepercayaan pelanggan jangka panjang adalah menyediakan keamanan yang memadai. Pelanggan biasa akan menghindari atau berhenti menggunakan layanan bisnis ketika mereka merasa ada risiko yang terlibat. Kebanyakan bisnis apa pun harus menawarkan langkah-langkah keamanan. Gunakan platform pembayaran bersertifikat, gunakan kata sandi, dan verifikasi untuk melindungi pelanggan.

Demikian informasi terkait bagaimana cara mempertahankan pelanggan jangka panajang. Lakukan berbagai layanan terbaik yang dapat meyakinkan pelanggan untuk terus kembali ke toko anda. bisa dengan melakukan diskon, salam sapa yang ramah, dan banyak lainnya.  Apabila dari pembaca membutuhkan informasi lebih jelas terkait artikel diatas, ingin bertanya, atau membutuhkan training customer service atau TRAINING PEMASARAN. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 atau 0813-3309-9915, kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s