STRATEGI PENJUALAN ON LINE MENGGUNAKAN MARKET PLACE

Seorang pengusaha mandiri tentunya harus memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap bagaimana pola pasar/konsumen dan harus memahami tentang bagaimana perkembangan jaman untuk saat ini, memiliki wawasan teknologi yang selalu ter up-to-date, lebih jeli dalam membaca situasi dan peluang pasar serta terus berinovasi untuk mengembangkan produk dalam upaya untuk semakin meluaskan jangkauan usahanya. Dengan demikian maka diharapkan bahwa bisnisnya akan semakin mampu untuk terus bertumbuh dengan lebih cepat dan bisa menghasilkan profit yang semakin meningkat.

Untuk saat ini pemanfaatan media internet sudah menjadi tren tersendiri dalam masyarakat kita. Media internet bukan lagi hanya sekedar dipandang sebagai sebuah teknologi yang berbiaya mahal dan jauh lebih rumit dari sebelumnya. Namun sudah dianggap sebagai suatu hal yang lebih biasa untuk dilakukan, yang sebenarnya masih bisa dijalankan dari genggaman tangan Anda sendiri. Selain bisa digunakan sebagai sumber informasi, namun masih banyak di antara para pengguna internet yang lebih senang untuk menggunakan internet sebagai salah satu sarana dalam mendukung usahanya.

Dengan cara memanfaatkan jaringan internet yang tanpa batas memang semakin membuka adanya peluang untuk pemasaran produk dengan jangkauan yang jauh lebih luas lagi. Salah satu diantara media internet yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan sebuah usaha adalah dari situs marketplace yang saat ini sudah semakin menjamur di Indonesia, penggunaan media marketplace seperti ini mampu memberikan banyak sekali keuntungan bagi para pengusaha yang sudah bergabung dengan sebuah marketplace.

Diantaranya adalah jenis produk-produk yang dijual akan semakin lebih dikenal luas oleh para pengguna internet dan adanya jaminan untuk rasa aman yang diberikan terhadap para konsumen dalam bertransaksi melalui media marketplace, dimana dengan sebuah jaminan bahwa tidak akan ada sellerpun yang berani untuk berlaku curang kepada konsumen dan tentu saja akan semakin memberikan image yang lebih positif dalam menjalankan sebuah usaha pada marketplace tersebut untuk selanjutnya.

Sebenarnya Apa yang Dimaksud Dengan Marketplace Tersebut?

Marketplace merupakan sebuah situs dari internet yang banyak digunakan sebagai suatu wadah untuk berkumpulnya para pengusaha-pengusaha dalam berjualan online pada satu tempat. Layaknya sebuah pusat perbelanjaan modern, maka banyak sekali toko-toko dengan beragam jenis produk yang dapat ditemukan dalam situs marketplace tersebut. Dan untuk saat ini sudah mulai banyak jenis-jenis marketplace yang terus bermunculan dengan menawarkan berbagai macam jenis produk seperti: produk elektronik, produk pakaian, produk alat-alat rumah tangga, produk digital, material, alat-alat bangunan maupun software (perangkat lunak) dan masih banyak lagi produk-produk kebutuhan lainnya.

Anda tentunya sudah merasa tidak asing lagi dengan situs-situs jual beli online seperti: Elevenia, Shopee, Blibli, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya yang keberadaannya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sebuah usaha yang sedang Anda jalankan saat ini. Anda bisa dengan begitu mudahnya untuk membuka toko online bahkan ada yang menawarkan secara cuma-cuma (gratis) untuk menjadi anggota dan langsung berjualan tanpa adanya biaya apapun. Marketplace harus berisikan deskripsi tentang produk-produk yang Anda jual agar mampu bersaing dengan penjual-penjual lainnya dalam usaha untuk menjaring konsumen dengan sebanyak-banyaknya.

Manfaat Penggunaan Marketplace Dalam Upaya untuk Pengembangan Sebuah Usaha?

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan cara bergabung ke dalam keanggotaan dari marketplace ini, beberapa diantaranya adalah Anda tidak perlu lagi harus repot-repot untuk memikirkan promosi, karena dengan cara bergabung ke dalam keanggotaan dari marketplace ini, maka secara otomatis usaha Anda juga sudah terpromosikan dengan sendirinya. Tidak ada lagi biaya promosi apapun yang nantinya akan dikenakan kecuali pada saat sudah terjadi transaksi.

Seiring dengan semakin berkembangnya tren berbelanja online pada masyarakat kita saat ini, maka potensi dari pengembangan usaha pada marketplace juga menjadi semakin terbuka lebar. Image dari marketplace yang lebih profesional dan terpercaya akan dapat dengan sangat mudah untuk menarik minat dari para pelanggannya, dan tentu saja usaha Anda juga akan bisa langsung mendapatkan potential buyer dengan lebih cepat dengan bergabung sebagai salah satu anggota dari marketplace.

Lalu Apa yang Harus Dilakukan Agar Usaha Anda Bisa Sukses Dengan Memanfaatkan Marketplace?

Mengelola produk di marketplace akan memberikan banyak sekali berbagai kemudahan jika dibandingkan dengan Anda membuka toko online secara mandiri. Jika Anda adalah seorang pengusaha pemula atau yang terbilang masih awam dengan marketplace seperti ini, juga tidak usah terlalu dikhawatirkan. Karena dari pihak marketplace sendiri biasanya sudah memberikan panduan-panduan tentang bagaimana tata cara dalam penggunaannya bagi para member yang merasa kesulitan dan bagi yang masih belum terlalu familiar, maka marketplace juga tetap menyediakan help desk sebagai salah satu bentuk support bagi para membernya.

Layaknya berjualan di sebuah pasar modern atau dipusat-pusat perbelanjaan, persaingan dalam marketplace sendiri juga tidak bisa terhindarkan.Agar bisa sukses dalam membangun dan menjalankan usaha dari marketplace ini, maka tampilkan profil dari usaha atau produk unggulan Anda dengan lebih profesional, deskripsi yang lebih lengkap, menyertakan nomor kontak dan alamat yang jelas, memberikan respon yang lebih cepat dan tetap ramah terhadap para pelanggan baru dan pelanggan lama serta menampilkan testimoni sebagai salah satu bukti trusted seller dari usaha Anda.

Jika Anda memang benar-benar berniat ingin mengembangkan usaha Anda dan berencana untuk memasarkan produk dari media internet, maka segera bergabunglah dengan marketplace sebagai salah satu pilihan terbaik untuk upaya pengembangan dari usaha Anda. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda.

Catatan Redaksi :
Dalam penjualan on line banyak cerita mengenai keberhasilannya, namun secara sistem manajemen perusahaan yang melakukan penjualan on line membutuhkan penyempurnaan dalam merapikan sistem manajemen. Mulai dari pembelian produk untuk persediaan, sistem penjualan, Inventory, Kas dan Bank yang mesti diperhitungkan secara rapi dan matang. Oleh sebab itu jasa konsultan manajemen sangat dibutuhkan dalam membantu mendesain sistem manajemen agar perusahaan semakin matang dan mampu untuk bersaing. Groedu International Consultant siap membantu para pemilik bisnis on line di sisi back up sistem manajemen. Hubungi 081-252982900, kami siap membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s