JENIS-JENIS WARALABA DAN BEBERAPA CONTOH BISNIS WARALABA YANG BANYAK BERKEMBANG DI INDONESIA

Dalam dunia bisnis franchise (Waralaba) terdapat dua macam jenis yang paling banyak terdapat di Negara kita, yaitu:

1. Waralaba Dalam Negeri.

Jenis waralaba ini menjadi salah satu pilihan terbaik dalam berinvestasi bagi para calon franchise yang berkeinginan untuk menjadi pengusaha akan tetapi dia tidak memiliki pengetahuan yang cukup atau masih kurangnya kemampuan dalam hal bagaimana untuk mengatur strategi dari sebuah usaha.

2 Waralaba Luar Negeri.

Karena dari sisi sistemnya sendiri yang sudah sangat jelas, maka jenis waralaba seperti ini adalah yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita. Selain itu, merek (brand) dari sebuah produk waralaba seperti ini sudah banyak dikenal dan diterima oleh masyarakat luas (dunia Internasional) bahkan sudah memiliki gengsi tersendiri.

Karena itulah, maka si pemberi waralabalah yang nantinya akan menyediakan semuanya dan apapun yang menjadi kebutuhan Anda, franchise hanya tinggal menyiapkan dana dan beberapa hal yang dibutuhkan sesuai dengan beberapa kebutuhan yang telah disyaratkan oleh si franchisor.

Beberapa Contoh Bisnis Waralaba yang Sudah Banyak di Indonesia

Perkembangan dunia bisnis waralaba di Tanah Air dewasa ini cukup berkembang dengan begitu pesatnya dan bisa dibilang juga cukup menguntungkan. Beberapa contoh dari jenis bisnis waralaba yang sudah sejak lama banyak berkembang di Indonesia, beberapa diantaranya adalah dalam bidang kuliner atau makanan, seperti:

1. CFC.
2. Mcdonald.
3. Wong Solo.
4. Sapo Oriental.
5. Red Crispy.
6. Pizza Hut dan berbagai merek-merek dagang franchise lainnya yang paling banyak diminati oleh masyarakat kita.

Selain dalam bidang kuliner, jenis waralaba juga dapat pula berbentuk retail mini outlet seperti halnya Indomaret, Yomart, Alfamart dan lain sebagainya. Selain di kota-kota besar, jenis waralaba retail mini outlet ini juga semakin ikut untuk mengembangkan sayapnya hingga ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia.

Kesalahpahaman Paling Banyak dari Pola Pikir dalam hal Berbisnis Waralaba

Terdapat banyak sekali franchisor yang menganggap bahwa pola franchise adalah tentang bagaimana cara yang paling cepat dalam mengumpulkan tambahan modal dari uang hasil investasi yang sudah dibayarkan oleh pihak franchise. Meskipun demikian, keadaan seperti ini juga sudah menjadi pemandangan yang biasa di kalangan masyarakat Indonesia, dalam hal pola hubungan yang terjalin di antara pihak franchise dan franchisor nya.

Tanpa disadari sebelumnya bahwa keadaan tersebut sebenarnya bisa menjadi sebuah boomerang sendiri bagi pihak franchisor karena apabila franchisor tidak menjaga hubungan yang baik dengan para franchise nya, maka akan menjadi sangat mudah untuk merusak citra dari perusahaannya sendiri. Sebagai seorang pengusaha waralaba, sebaiknya saran ini juga sangat perlu untuk lebih diperhatikan lagi, demi membangun citra yang lebih baik dari perusahaan dimata para franchise.

Membutuhkan adanya sebuah upaya perjuangan yang cukup panjang dalam hal membangun citra dari sebuah perusahaan. Perlu diketahui juga bahwa ukuran dari kesuksesan sebuah bisnis waralaba adalah bukan karena jumlah kuantitas yang sudah dihasilkan atau karena begitu banyaknya outlet franchise, akan tetapi kualitas dan dari lamanya hubungan yang terjalin sangat baik di antara pihak franchisor dan franchise nya. Nah, itulah sedikit penjelasan tentang beberapa jenis-jenis bisnis waralaba dan beberapa contoh dari jenis bisnis waralaba yang banyak berkembang di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Apabila bapak ibu memiliki keinginan mengembangkan bisnis melalui franchise, serta mempersiapkan dokumen terkait franchise mulai SOP franchise, Legalitas franchise, software franchise, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak wa 081-252-982900 atau kontak 081-8521172. Kami siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s