PROSPEK DAN PELUANG POSISI-POSISI JABATAN DALAM BIDANG MANAJEMEN KEUANGAN

Menurut Anda apa itu Manajemen? Ilmu Manajemen bisa dikatakan sebagai salah satu ilmu yang paling tua di dunia. Mengapa bisa demikian? Karena sejak manusia sudah mulai hidup berkelompok, mereka sebenarnya telah memulai manajemen, yaitu: suatu proses untuk merencanakan, mengatur dan mengelola semua jenis proses dalam mencapai tujuan. Dan beberapa diantaranya adalah untuk membagi setiap masing-masing peran dan tanggungjawab, misalnya wanita bertugas untuk memasak, para pria berburu untuk kebutuhan, dan lain sebagainya.

Jadi, sangat tidak mengherankan apabila banyak yang berpikir bahwa jurusan manajemen adalah salah satu diantara banyak jurusan yang paling aman, karena pasti ilmu seperti ini dimanapun tetap akan terpakai juga dan termasuk juga yang lebih gampang untuk mencari pekerjaan.

Prospek dan Peluang Berkarier Dalam Bidang Manajemen Keuangan

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu manajemen, maka sekarang apa saja prospek dan peluang-peluang jabatan yang bisa dilakukan dalam bidang manajemen keuangan ini? Menurut Emery (seorang ahli keuangan), untuk prospek dan peluang bekerja dalam bidang manajemen keuangan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 macam kelompok, yaitu:

1. Karir dalam bidang manajemen keuangan.
2. Karir dalam bidang investasi.
3. Karir dalam bidang pasar dan perantaraan keuangan.

Diantara ketiga kelompok prospek tersebut, bisa dikatakan bahwa semuanya rata-rata hampir sama banyak untuk prospek peluangnya karena pada ketiga bidang tersebut, bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan tenaga ahli dalam dibidang ini. Namun berbagai jenis organisasi termasuk (profit dan non profit) dan badan pemerintahanpun masih tetap membutuhkan adanya tenaga yang menguasai dalam bidang seperti ini.

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini adalah beberapa bidang prospek kerja dan peluang berkarir dalam bidang manajemen keuangan.

1. Posisi Junior Manajemen.

• Analisis Keuangan (Financial Analyst).

Dalam analisis keuangan, seseorang akan bekerja untuk membantu proses pengambilan keputusan dari sebuah badan usaha . Mereka akan menyiapkan, memproses, dan mempersiapkan segala infomasi tentang analisis keuangan serta melakukan studi apapun yang mencakup seluruh permasalahan keuangan.

• Analisis Kredit (Credit Analyst).

Jabatan yang lebih spesifik disebut dengan analisis kredit. Analisis kredit bertugas untuk menilai kemampuan kredit dari pelanggan suatu badan usaha yang telah mengajukan kredit.

• Manajer Kas (Cash Manager).

Seorang manajer kas bertugas untuk mengelola investasi badan usaha pada kas yang mencakup perbandingan hasil dan pembelian sekuritas-sekuritas jangka pendek, serta pemantauan investasi.

2. Posisi Manajemen Senior.

• Asisten Bendahara (Assistant Treasure).

Sebuah badan usaha pastinya memiliki seorang bendahara. Namun pada jenis badan usaha tertentu yang lebih besar, biasanya memiliki beberapa asisten bendaharawan. Dan tugas merekapun berbeda-beda, seperti: mengelola pengoperasian perbendaharaan internasional, menangani kebijakan keuangan, dan menangani manajemen permodalan.

• Manajer dari Analisis Keuangan Badan Usaha (Manager of Corporate Financial Analyst).

Keberadaan dari analisis keuangan sangat penting dalam suatu badan usaha. Maka dari itu sebaiknya untuk sebuah badan usaha harus menempatkan seorang yang lebih tepat untuk mengatur pada posisi ini atau yang lebih sering disebut dengan manajer.

3. Posisi Manajemen Lebih Senior.

• Manajer Risiko (Risk Manager).

Seorang manajer resiko bertanggungjawab dan bertugas untuk mengelola resiko dari suku bunga, resiko nilai tukar, dan resiko komoditas yang sedang dihadapi oleh sebuah badan usaha. Selain itu, seorang manajer juga harus bertanggungjawab untuk mengauntifikasi terhadap semua resiko tersebut lalu merancang serta mengimplementasikan strategi untuk pengelolannya.

• Manajer Dana Pensiun (Pension Fund Manager).

Manajer dana pensiun bertugas untuk mengelola investasi dana pensiun dari sebuah badan usaha dan memantau bagaimana kinerja dari para manajer investasi yang berada di luar badan usaha.

• Direktur Pelaporan Keuangan (Director of Financial Reporting).

Direktur pelaporan keuangan yang bertugas untuk menjamin laporan keuangan dalam memperdagangkan saham-saham yang diterbitkan oleh perusahaan terhadap publik. Laporan keuangan tersebut juga harus memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan oleh perundang-undangan pasar modal.

4. Posisi Manajemen yang Sangat Senior.

• Kepala Pejabat Keuangan (Chief financial Offer)

Posisi ini adalah pejabat paling akhir atau posisi yang tertinggi dalam bertanggungjawab terhadap semua aspek keuangan, mulai dari seluruh operasional badan usaha yang mencakup keputusan sehari-hari dan untuk jangka panjang.

• Manajer Keuangan (Treasure).

Manajer keuangan bertanggungjawab di bawah CFO, yang mana dia harus melaporkan setiap pekerjaannya. Selain itu ia juga bertanggungjawab untuk seluruh manajemen keuangan dari badan usaha sehari-harinya yang berhubungan dengan aliran dana yang telah masuk maupun yang keluar.

• Kontroler (Controller)

Kontroler sama halnya seperti seorang manajer keuangan yang bertanggungjawab dibawah CFO, mereka bekerja sangat dekat. Kontroler bertanggungjawab terhadap fungsi-fungsi auditing, accounting manajemen, dan pelaporan keuangan.

• Wakil Presiden Pengambangan Badan Usaha (Vice President of corporate development).

Posisi ini bertugas untuk perencanaan jangka panjang, strategi badan usaha, serta keputusan untuk merger maupun akusisi. Namun untuk posisi seperti ini tidak memiliki nama jabatan yang benar-benar konsisten.

Nah, demikianlah penjelasan-penjelasan tentang apa saja prospek-prospek dan peluang dari posisi-posisi jabatan dalam bidang manajemen keuangan. Jadi bagi Anda yang memiliki kemampuan atau bahkan sudah bersertifikat dalam bidang manajemen, khususnya manajemen keuangan, maka Anda bisa mencoba salah satu diantara beberapa posisi jabatan di atas. Selamat mencoba, pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel ini dan desain system manajemen, atau terkait pembuatan SOP finance dan accounting, atau software accounting, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 0818521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s