ALASAN PENTING MENGAPA SEBUAH USAHA (PERUSAHAAN) MEMBUTUHKAN ADANYA SISTEM PEMBUKUAN AKUNTANSI

Masih banyak diantara sebagian pengusaha yang mengabaikan pembukuan akuntansi dari usahanya, padahal sebenarnya pembukuan akuntansi memiliki peranan yang vital dan begitu riskan dalam dunia usaha. Sama halnya dengan dunia ekonomi yang mana berhubugan erat dengan keuangan, sehingga untuk setiap pengambilan keputusan yang akan dilakukan harus sesuai dengan bagaimana informasi keuangan dari laporan akuntansi perusahaan tersebut.

Sehingga dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya segala macam bidang usaha dan profesi tentunya tetap berkaitan erat dengan pencatatan dan pembukuan akuntansi dan tidak dapat disangkal lagi bahwa keberadaan akuntansi memang benar-benar sangat dibutuhkan dalam dunia usaha.

Mengapa usaha membutuhkan adanya pembukuan akuntansi dan tentang bagaimana peran akuntansi dalam dunia usaha yang sesungguhnya?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sebenarnya akuntansi dapat memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan berbagai kegiatan keuangan usaha yang mana informasi tersebut dapat benar-benar dimanfaatkan oleh para pihak manajemen perusahaan. Pembukuan akuntansi juga mampu memberikan informasi terhadap pihak-pihak luar yang juga berkepentingan terhadap perusahaan sebagai penilaian untuk bagaimana performa (kinerja) perusahaan. Sebagai suatu sistem informasi, maka tentunya akuntansi memang sangat dibutuhkan bagi para pihak, baik itu internal (dalam) dan ekstern (luar) perusahaan. Beberapa pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi tersebut adalah:

1. Pihak Manajemen (Manajer, Direksi).

Informasi akuntansi yang banyak dibutuhkan dalam melakukan penyusunan perencanaan perusahaan, mengevaluai kemajuan yang telah dicapai oleh perusahaan dan melakukan tindakan koreksi terhadap perusahaan.

2. Para Investor (Penanam Modal Bagi Perusahaan).

Membutuhkan data-data dari informasi keuangan organisasi perusahaan agar dapat menganalisis bagaimana perkembangan perusahaan agar benar-benar merasa yakin untuk melakukan penanaman modalnya dengan tujuan agar bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan.

3. Para Kreditor (Pemberi Pinjaman).

Membutuhkan data-data akuntansi yang bertujuan untuk rasa aman dalam pemberian kredit terhadap calon nasabah (nasabah kredit) yang dianggap cukup layak dan memiliki kemungkinan mampu untuk mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya disesuaikan dengan tempo waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Pihak Instansi Pemerintah.

Berdasarkan dari informasi keuangan organisasi perusahaan, maka pemerintah akan dapat melakukan penetapan berapa besarnya pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan terhadap Negara.

5. Organisasi Nirlaba.

Meskipun sebenarnya organisasi ini tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, namun informasi keuangan juga masih tetap dibutuhkan untuk melakukan penyusunan anggaran, membayar karyawan serta membayar beban-beban lainnya.

6. Organisasi Lainnya.

Informasi akuntansi perusahaan masih tetap dibutuhkan juga oleh organisasi-organisasi lainnya seperti: organisasi buruh yang membutuhkan adanya kejelasan terhadap informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji mereka, tunjangan dan untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan perusahaan dalam memberikan imbal balik terhadap mereka.

Fungsi Pembukuan Akuntansi

Secara umum, akuntansi perusahaan memiliki beberapa fungsi seperti:

• Menghitung rugi maupun laba yang telah dicapai oleh perusahaan.
• Membantu dalam melakukan penetapan hak-hak pada setiap masing-masing pihak yang berkepentingan pada perusahaan baik itu adalah pihak internal dan eksternal perusahaan.
• Melakukan pengendalian atau pengawasan terkait dengan berbagai aktivitas perusahaan.
• Untuk menunjukan hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target yang telah di tetapkan.

Akuntansi dalam dunia usaha juga memiliki tujuan sebagai dasar utama dalam pengambilan keputusan, sehingga dengan demikian fungsi akuntansi pada usaha adalah sebagai berikut:

• Memberikan informasi terkait dengan keuangan usaha.
• Sebagai pengalokasian sumber daya, sehingga pengguna informasi bisa memutuskan kemana modal mereka harus di salurkan.
• Pelaporan pertanggungjawaban kinerja dari manajemen terhadap pemiliknya.
• Agar dapat mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan.

Laporan keuangan yang didapatkan berdasarkan dari informasi akuntansi akan disusun untuk menyediakan informasi yang lebih relevan yang berkaitan dengan bagaimana posisi keuangan serta seluruh transaksi yang telah dilakukan oleh entitas pelaporan selama satu periode tertentu.

Akuntansi bagi perusahaan terdiri dari tiga macam fungsi utama, yaitu:

1. Fungsi Penginputan.

Akuntansi yang menyediakan input memadai berupa transaksi seperti peristiwa maupun kejadian yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan dana pada perusahaan.

2. Fungsi Pemrosesan.

Akuntansi sebagai pengelola bagi setiap data yang telah diinputkan agar dapat menghasilkan informasi laporan yang lebih valid. Biasanya proses tersebut dapat berupa pencatatan yang terdiri dari penjurnalan serta pemindahbukuan.

3. Fungsi Output.

Akuntansi akan menyajikan informasi data yang sesuai dengan kebutuhan para penggunanya agar bisa sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, untuk membuat laporan keuangan tidak harus dilakukan secara manual dan oleh orang-orang yang sudah ahli dalam bidang akuntansi. Apabila Anda adalah seorang pengusaha yang belum terlalu memahami tentang akuntansi, maka Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir tentang bagaimana caranya untuk melakukan pembukuan akuntansi, karena saat ini sudah ada software akuntansi yang nantinya akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hal pembukuan akuntansi keuangan bagi usaha Anda.

Software akuntansi sudah banyak yang memiliki tampilan user friendly dan Anda akan dengan sangat mudah untuk menggunakannya. Selain itu, saat ini sudah banyak dari software-software akuntansi yang berbasis cloud, yaitu berbasis teknologi online yang akan mampu memberikan berbagai informasi tentang laporan keuangan dari usaha Anda secara real time dan akan dengan sangat mudah untuk terintegrasi antar cabang dari usaha Anda. Semoga penjelasan tentang alasan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan adanya system pembukuan akuntansi bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, apabila pembaca membutuhkan bantuan accounting service, mulai laporan keuangan dan analisa keuangan, serta membutuhkan software accounting untuk system informasi teknologi perusahaan, Software accounting untuk pajak, pembuatan SOP finance dan accounting, serta hal terkait keuangan dan accounting silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu! Terima kasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s