KUNCI UTAMA AGAR DAPAT MENJADI SEORANG ENTREPRENEUR (PENGUSAHA MANDIRI) YANG SUKSES

Berprofesi sebagai seorang entrepreneur atau pengusaha memang tidak gampang. Banyak diantara berbagai persiapan-persiapan dan perencanaan-perencanaan yang harus kita susun untuk bisa menjalankankan bisnis kita menuju gerbang kesuksesan. Begitu ketatnya persaingan pasar, dan semakin meningkatnya kreativitas para pengusaha di Indonesia, tentunya menjadi sebuah PR (pekerjaan rumah) tersendiri bagi seorang pengusaha serta para pengusaha pemula yang berada di sekitar kita yang juga ingin memenangkan persaingan yang ada saat ini.

Karenanya untuk membantu para pengusaha pemula maupun pengusaha lainnya di Indonesia dalam meraih kesuksesan bisnisnya, berikut adalah beberapa tips tentang apa saja kunci sukses untuk menjadi seorang pengusaha yang bisa mulai Anda jalankan dari sekarang.
1. Ingatlah bahwa usaha Anda bisa hebat karena adanya tim Anda.

“Ingatlah bahwa Anda bisa hebat seperti sekarang ini karena adanya tim yang solid dari belakang Anda”. Oleh karena itu sebagai seorang pemimpin usaha jangan pernah merasa sungkan untuk meluangkan sedikit waktu dalam mengembangkan kualitas dari tim yang Anda miliki saat ini. Arahkan mereka untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, serta berikan kebebasan bagi mereka untuk mengembangkan diri tanpa harus melupakan tujuan perusahaan yang telah ditetapkan bersama.

Perlakukan karyawan layaknya keluarga Anda sendiri. Hal ini sangat penting agar mereka menjadikan perusahaan Anda sebagai rumah kedua bagi mereka. Arahkan mereka untuk mencintai pekerjaan dan perusahaan Anda, bukan hanya sekedar menjadi tempat untuk bekerja, namun sebagai perusahaan bersama yang harus mereka jaga besarkan bersama-sama.

2. Menciptakan nilai tambah kepada usaha Anda.

Sebagai seorang entrepreneur tentunya setiap karyawan, pelanggan, investor, dan partner bisnis akan memperhatikan setiap tindakan yang telah Anda pilih. Untuk itu pastikan bahwaperusahaan Anda menghargai kecepatan kerja, terus melakukan inovasi, serta mengutamakan kepentingan konsumen untuk memberikan nilai tambah yang lebih bagi bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan nilai tambah yang telah Anda berikan, para mitra bisnis, karyawan, serta pelanggan yang Anda miliki tidak akan merasa ragu untuk tetap loyal kepada perusahaan yang Anda jalankan selama ini.

3. Ingat tentang fokus apa saja yang terpenting dalam bisnis Anda.

Sebagai seorang entrepreneur, sebaiknya Anda membiasakan untuk selalu fokus pada satu hal. harus lebih fokus pada hal yang terpenting lalu tulis di dinding atau papan tulis agar setiap hari bisa dengan mudah Anda ingat. Hal seperti ini perlu Anda lakukan untuk mengingatkan diri sendiri kepada fokus bisnis yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jangan biarkan hal terpenting itu sampai terganggu oleh hal-hal kecil lain yang hanya akan mengganggu tujuan Anda dalam mencapai target usaha.

4. Jangan pernah merasa lelah untuk pengembangan produk.

Produk Anda adalah cerminan awal dari perusahaan Anda. Prioritaskan hal itu untuk melakukan pengembangun produk, agar konsumen Anda tidak sampai berpaling kepada perusahaan lainnya. Dalam hal ini, jangan hanya memikirkan tentang seberapa besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan, namun pikirkanlah pula tentang benefit yang akan didapatkan oleh para pelanggan Anda. Sebagai seorang pimpinan perusahaan Anda harus selalu bertanggungjawab pada setiap detail produk yang telah dibuat oleh perusahaan Anda. Dan pastikan juga bahwa setiap produk yang telah dibuat harus bisa mencerminkan tujuan dari perusahaan yang Anda jalankan selama ini.

5. Lebih bijaksana dalam mengatur keuangan perusahaan.

Keuangan merupakan darah dan sebagai urat nadi yang begitu penting bagi seorang pengusaha. Karenanya Anda harus selalu rutin untuk mengelola dan mengontrol bagaimana kondisi keuangan agar dapat memenuhi seluruh biaya operasional yang Anda butuhkan selama ini. Selain harus ahli dalam mengelola keuangan, Anda juga jangan pernah lupa untuk lebih meningkatkan keuntungan usaha sebelum akhirnya Anda membutuhkannya. Hal seperti ini sangat perlu untuk Anda perhatikan agar kondisi keuangan dari bisnis Anda bisa tetap stabil.

6. Bertindaklah layaknya seorang investor bagi bisnis Anda sendiri.

Selain harus berprofesi sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus bertindak layaknya seorang investor yang selalu menanyakan tentang bagaimana perkembangan dari nilai produk dan nilai investasi perusahaan yang telah Anda miliki. Hal ini sangat perlu Anda jalankan agar setiap minggunya Anda semakin termotivasi untuk meningkatkan nilai tambah yang lebih positif pada bisnis Anda.

7. Mencintai perusahaan Anda.

“Mencintai perusahaan Anda, cintai pekerjaan Anda, cintai investor Anda!” agar bisa semakin mengoptimalkan jalannya bisnis yang telah Anda rintis selama ini, sangat penting bagi Anda untuk mengawalinya dengan rasa cinta. Dengan begitu, untuk kedepannya Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut tanpa adanya rasa beban dan tidak menutup kemungkinan akan bisa mendatangkan keuntungan yang semakin optimal.

Sudah siapkah Anda untuk menjadi entrepreneur sukses (pengusaha sukses)? Maka tunggu apa lagi? Mulailah dari beberapa kunci sukses di atas dan lakukan dengan rajin dan tetap konsisten agar perkembangan dari perusahaan Anda akan bisa semakin maksimal. Maju terus dan salam sukses. (Dari Berbagai sumber)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s