CARA MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PADEMI COVID-19

Survey menurut BI pada waktu lalu hampir semua industri mengalami banyak penurunan dalam penjualan sejak bulan maret awal Covid dicanangkan di Indonesia. Terjadinya penurunan setiap industri beragam, namun untuk industri food, baverage dan tembakau hanya turun sekitar 8 persenan, sementara yang lain drop sampai dengan 90 persenan. Semua ini akan terus berlanjut jika tidak segera diatasi.
Apa tips dalam meningkatkan penjualan produk di masa covid-19? Seperti yang diketahui bahwa pemasaran offline yang dilakukan dengan tatap muka sudah sangat sulit dilakukan, sehingga penjualan mesti bergeser ke arah on line. Inilah permasalahan utama yang dialami oleh industri yang sebelumnya tidak perduli dengan penjualan online. Oleh sebab itu, baiklah kita mengikuti tips dibawah ini.


Lakukan penjualan secara tatap muka dengan protokol kesehatan
Sekarang ini mau tidak mau mesti kita akui secara terbatas melakukan penjualan secara offline sudah bisa dilakukan meskipun tidak maksimal. Jadi tim penjualan tetep terus bergerak dan mulai tinggalkan WFH dengan bekerja memenuhi protokol kesehatan. Bertemu dengan customer menggunakan masker dan facesield, lalu tidak melakukan jabatan tangan dan pulang ke rumah dengan melakukan langkah-langkah protokol kesehatan : mandi, baju direndam di sabun dan cuci tangan sebelum makan. Dengan cara ini aktivitas penjualan di luar kantor bisa dilakukan.
Menggunakan teknologi Mobile order booking
Teknologi ini sangat penting mulai dilengkapi di perusahaan. Karena hal ini bisa menggantikan posisi salesman yang bekerja secara offline. Seperti ilustrasinya, ketika salesman datang dan bertemu dengan customer, dan tidak terjadi transaksi karena stok masih ada, penagihan belum diselesaikan serta halangan lainnya untuk transaksi, maka mobile order booking ini bisa menggantikan salesman yang datang ke customer sesuai jadwalnya. Customer tinggal memilih produk yang ada di fitur gadget dan klik, pesananan sudah masuk ke kantor dimana supplier berada. Supplier memprosesnya dan kemudian mengirimkan barangnya. Mobile oder booking ini cukup efektif untuk menggantikan aktivitas salesman yang kurang maksimal karena kondisi pandemi ini.


Mengalihkan penjualan offline ke online
Mengalihkan penjualan secara offline ke online memang tidak mudah tetapi jika hal ini dilakukan maka perusahaan akan tertolong secara omzet penjualannya. Memang sangat ribet karena penjualan online melalui market place dilakukan secara eceran. Oleh sebab itu perlu mengangkat reseler online agar bisa membantu penjualan perusahaan melalui reseller on line. Bagian ini membutuhkan tim digital marketing untuk program-program penjualan secara on line. Untuk supaya produk-produk bisa dijual secara luas melalui on line. Nah, sudahkah perusahaan memikirkan hal ini untuk mengatasi penurunan penjualan yang semakin hari terus berlanjut jika tidak ada take action segera?
Semoga artikel di atas membantu pembaca untuk meningkatkan penjualan produk. Jika membutuhkan pendampingan dalam membangun tim digital marketing untuk mendukung penjualan secara online, silahkan hubungi kami di https://wa.me/62252982900. Kami siap mendampingi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s