TIPS MEMOTIVASI TIM PENJUALAN SAAT PENJUALAN SEDANG MEROSOT

Ini biasa terjadi dimana saat tim Penjualan Anda mencapai target dan menutup kesepakatan dengan penuh semangat, dan berikutnya mengalami kemerosotan. Meskipun hal itu dapat terjadi pada siapa saja, ini juga dapat menjadi problem yang mengkhawatirkan jika tidak ditangani dengan segera, terutama karena menjaga jalur penjualan yang sehat dan menghasilkan uang adalah cara perusahaan agar bisa terus berkembang.
Apa yang harus dilakukan? Kabar baiknya, penurunan penjualan tidak berlangsung selamanya, tetapi dapat berdampak pada moral tim penjualan Anda. Perubahan di pasar dapat bertanggung jawab atas masalah awal, tetapi begitu tim Anda kehilangan kepercayaan pada diri mereka sendiri di dalam dan pada perusahaan, kemudian bangkit kembali bisa jadi sulit, dan bahkan dapat menyebabkan orang pindah dari perusahaan Anda.
Jangan biarkan ini terjadi. Saatnya menjadi proaktif dan menginspirasi staf penjualan Anda dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memotivasi tim penjualan Anda. Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya.

MEMIKIRKAN BERBAGAI INOVASI
Saatnya untuk mengambil pandangan yang lebih holistik tentang tim Anda dan mempertimbangkan situasinya. Ini bukan hanya tentang jumlah transaksi yang ditutup. Sudahkah Anda memutuskan untuk mengambil sudut pandang baru dalam hal mengejar prospek atau mencari klien baru? Sudahkah Anda mengubah KPI atau tujuan Anda baru-baru ini? Bagaimana dengan pengembangan pribadi: apakah tim Anda merasa diabaikan atau mereka tidak memiliki kesempatan yang tepat untuk memaksakan diri?
Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi, Anda memerlukan pandangan yang lebih obyektif tentang tim Anda. Adakan pertemuan dengan perwakilan penjualan Anda dan tanyakan apakah mereka mengalami masalah dengan proses penjualan, atau hal lain yang mungkin memengaruhi kinerja mereka. Wawasan yang mereka berikan mungkin memegang kunci untuk mengatasi kemerosotan penjualan Anda. Di samping ini, hal itu juga akan meyakinkan tim penjualan Anda bahwa Anda menghargai wawasan dan pendapat mereka, sehingga meningkatkan semangat mereka untuk melakukan tawar-menawar.

PENILAIAN HUBUNGAN
Bekerja dalam penjualan membutuhkan kemandirian tertentu. Lagi pula, Anda memelihara dan menutup kesepakatan pada prospek yang menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya, dan kemungkinan besar Anda akan terbang ke seluruh negeri untuk bertemu klien dan mewujudkannya. Namun, itu bukan alasan untuk tidak mengawasi tim Anda. Kapan terakhir kali Anda benar-benar duduk bersama mereka di kantor dan berbicara?
Mengadakan sesi kontak dan umpan balik secara teratur adalah bagian penting untuk membuat karyawan tetap terlibat, dan itu tidak berbeda untuk staf penjualan. Mengingat bahwa organisasi dengan keterlibatan karyawan yang tinggi mengungguli mereka yang tidak, ini mungkin jawaban untuk masalah Anda. Duduklah bersama mereka dan tanyakan bagaimana Anda dapat membantu pengembangan pribadi dan profesional mereka. Anda bahkan dapat mengadakan acara sosial dan hari pelatihan, dan secara bertahap membangun hubungan yang kuat dengan staf penjualan Anda yang akan membuat mereka merasa seperti bagian yang berharga dan intrinsik dari tim.

EVALUASI PRIORITAS MEREKA
Meskipun mereka mengatakan bahwa kehidupan kerja dan kehidupan rumah harus tetap terpisah, tidak dapat dihindari bahwa yang satu harus saling berbagi, dan memengaruhi kinerja perwakilan penjualan Anda. Oleh karena itu, salah satu hal terpenting yang harus Anda tentukan dalam hal memotivasi tim Anda adalah apakah keadaan atau prioritas mereka telah berubah dalam beberapa bulan terakhir, atau sejak rapat tinjauan terakhir Anda.
Apakah mereka menginginkan sesuatu yang berbeda dari pekerjaan mereka, atau apakah mereka menginginkan promosi yang sebelumnya tidak mereka inginkan? Penjual terkenal sangat ambisius, dan jika Anda tidak memberi mereka kesempatan yang mereka butuhkan untuk maju, mereka mungkin akan meninggalkan perusahaan atau dengan cepat menjadi tidak puas. Dengan mengevaluasi apa yang mungkin perlu ditangani atau ditingkatkan dalam tim Anda.

APAKAH KPI ANDA REALISTIS?
KPI adalah cara yang bagus untuk mengukur kemajuan karyawan dan menciptakan budaya peningkatan dan inovasi. Namun, target ini mungkin tidak selalu realistis, terutama jika dibandingkan dengan kondisi pasar musiman. Misalnya, musim panas sering kali bisa menjadi waktu yang tenang, terutama mengingat banyak profesional akan pergi berlibur. Lebih sedikit kesepakatan pasti akan dibuat, tetapi apakah Anda menyesuaikan target penjualan agar cocok? Jika tidak, tim penjualan Anda mungkin merasa stres dan terlalu banyak bekerja, yang pada akhirnya akan memengaruhi semangat mereka. Dengan meluangkan waktu untuk mengakui peningkatan beban pada tim Anda dan mengalihkan KPI Anda ke tingkat yang lebih mudah dikelola, Anda dapat menjaga keseimbangan antara kinerja yang hebat dan tenaga kerja yang bahagia.

Kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun bekerja di sektor penjualan membuat kami berada di posisi yang tepat untuk memberikan saran dan keahlian. Tertarik? Mengapa tidak menghubungi tim ahli kami dan memulai perjalanan Anda bersama kami hari ini? Hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s