MENGAPA PIUTANG PENJUALAN PERLU DIKELOLA DENGAN BAIK

Seperti yang diketahui, sumber pendapatan uatama perusahaan adalan penjualan. Serta penjualan menimbulkan piutang penjualan yang mesti ditagih dan penerimaannya sebagai pemasukan. Oleh sebab itu artikel ini penting bagi perusahaan yang menjual secara kredit.  Beberapa hal yang mesti diperhatikan di bawah ini:

Kenapa Piutang penjualan harus dikelola. Pertama adanya Sales atau penjualan, dengan adanya penjualan jumlah Piutang penjualan akan meningkat seiring dengan jumlah penjualan yang meningkat. Seperti yang diketahui Tim penjualan perusahaan memiliki target yang harus dicapai, jadi dengan semakin meningkatnya piutang penjualan maka sangat penting mengelola piutang penjualan.

Sil;ahkan dengar juga pod cast dibawah ini:

Penetration strategi, penetration strategi adalah upaya bagaimana produk bisa dijual kepada customer dengan beberapa cara, antara lain dengan cara konsinyasi. Apabila strategi penetrasi dilakukan dengan konsinyasi maka banyak sekali piutang penjualan yang mesti diurus agar piutang penjualan yang ada bisa segera menjadi beres. Sebab piutang penjualan yang bersifat konsinyasi seringkali tidak memiliki batas waktu penyelesaian.

Manipulasi customer. Tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi. Misalnya customer yang keberadaannya dicurigai sebagai sindikat kejahatan. Modus operandinya umumnya beli tunai beberapa kali dan kemudian kabur setelah pembelian besar dengan cara kredit. Customer yang seperti ini umumnya muncul menjelang lebaran. Cirinya beli tunai sedikit, lama-lama beli banyak, tetapi ketika beli banyak dibayar cek/giro yang tidak ada isi atau kosong.

Cash Flow. Tentu saja pengelolaan piutang ini ada kaitan dengan cash flow perusahaan. Pendapatan terbesar adalah penerimaan dari piutang penjualan yang cair. Jika Piutang penjualan ini tidak dikelola dengan baik, maka akan sulit bagi perusahaan dalam mengatur cash flownya.

Profit. Tentu saja dengan pengelolaan piutang yang cukup baik dan minimal resiko bad debt, maka profit perusahaan akan menjadi jauh lebih baik dibanding jika piutang penjualan tidak dikelola dengan baik.

Dengan mengelola piutang penjualan dengan baik, diharapkan resiko atas piutang bad debt akan sangat minimal. Mengelola piutang  adalah bagian penting dalam meminimalkan resiko piutang penjualan yang tidak dibayar oleh customer, atau fraud yang dilakukan oleh oknum yang seringkali muncul di perusahaan.

Semoga Artikel di atas bisa membantu pembaca, apabila pembaca membutuhkan training pengelolaan AR, silahkan hubungi https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s