CARA EFEKTIF MEMANFAATKAN MARKET INTELLIGENCE UNTUK PENGEMBANGAN PERUSAHAAN ANDA

 

Beberapa waktu yang lalu di Jakarta kembali diguncangkan oleh bom di daerah Sarinah, suatu peristiwa yang sangat disesalkan karena menurut sebagian besar masyarakat seharusnya bisa diantisipasi lebih awal melalui usaha intelijen negara. Dimana efek peristiwa tersebut sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian negara sesaat setelahnya, antara lain para pelaku dunia usaha menjadi panik, yang diikuti oleh kejadian seperti anjloknya bursa saham, melemahnya rupiah, penutupan toko, dan sebagainya.

Sama seperti dalam melaksanakan sebuah bisnis, peran market intelligence semakin hari semakin krusial bagi para mitra bisnis, terutama dalam pengembangan bisnis ataupun pengambilan keputusan bisnis yang penting bagi perusahaan. Kebanyakan para pengusaha telah merasa di zona nyaman, dimana asalkan ada aliran uang masuk ke dalam kantong perusahaan maka sudah cukuplah, padahal di luar perusahaan, para kompetitor selalu berusaha ekstra untuk merebut pelanggan perusahaan anda dengan perkembangan produk dan layanan terkini yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren industri yang diinginkan para pelanggan. Dan pada saat mitra bisnis menyadarinya maka sudah terlambat sehingga perusahaan akan mengalami kemunduran.

Oleh karena itu, penyelidikan pasar seperti apa saja yang perlu dipahami oleh para mitra bisnis agar perusahaan semakin berkembang dengan baik?

  • Perkembangan iklim dunia usaha.

Ketidak tahuan terhadap perkembangan keadaan pasar dan industri akan mematikan langkah pertumbuhan perusahaan apabila tidak segera beradaptasi dengan perkembangan baru tersebut, terutama pada perkembangan dunia teknologi, tren pasar, dan pembebasan tarif perdagangan di kawasan tertentu.

Seperti belakangan ini banyak jenis usaha baru bersifat economic sharing yang dapat merubah arah jalannya industri, contohnya Gojek, Uber, Airbnb, dan sebagainya. Banyak yang mengatakan dengan munculnya beberapa perusahaan ini akan mematikan bisnis para pelaku industri lama yang tidak bisa menerima kehadiran kompetitor barunya tersebut. Namun sebaliknya, perkembangan ini juga seharusnya dapat memberikan keuntungan bagi para pemilik lama tersebut untuk menggunakan aplikasi teknologi dalam meningkatkan layanan jasanya sehingga pelanggan lebih mudah dalam mengaksesnya.

  • Perusahaan kompetitor.

Ada baiknya bila para mitra bisnis selalu membuka mata terhadap segala perkembangan yang dilakukan oleh para kompetitor perusahaan mitra bisnis, sehingga tidak ketinggalan langkah dan akhirnya pelanggan pergi beralih ke tempat kompetitor.

Beberapa pemilik usaha bahkan punya prinsip untuk melakukan apa yang sama dilakukan oleh para kompetitor agar tidak kalah dalam persaingan. Hal ini yang sering terjadi dengan berujungnya pada kegagalan, karena sebagian besar pelanggan akan menilai faktor orisinalitas sebagai salah satu faktor penentu dalam melakukan pembelian. Oleh karena itu akan lebih baik bila para mitra bisnis dapat mengembangkan inovasi lain yang orisinil dan susah ditiru oleh para kompetitor.

Ataupun ada cerita lain dimana para mitra bisnis dapat membuat suatu kolaborasi bersama dengan kompetitor, seperti yang dilakukan McDonald’s dan Burger King yang membuat produk McWhopper sebagai bagian kampanye Hari Perdamaian Dunia. Kolaborasi ini dilakukan untuk meningkatkan awareness terhadap perusahaan dan merk.

  • Perkembangan produk

Para mitra bisnis tentunya sudah familier dengan siklus hidup sebuah produk dimana tidak ada produk dan layanan yang dapat berumur abadi. Oleh karena itu produk dan layanan tersebut harus terus berubah dan berkembang agar perusahaan tetap dapat berjalan dan mendapatkan pendapatan.

Perkembangan produk tersebut dapat dilakukan dengan penambahan fitur pada produk lama atau meluncurkan varian baru dengan fitur dan layanan yang lebih canggih dan terbaru. Hal ini sangat berpengaruh pada produk teknologi, seperti pada industri smartphone, barang elektronik, otomotif. Adapun pada produk pakaian dan kosmetik, maka perkembangannya harus mengikuti perubahan mode dan tren musiman yang relatif lebih singkat waktunya. Sedangkan pada produk makanan dan minuman dapat meluncurkan varian rasa baru setiap 3 – 4 bulan sehingga pelanggan tidak merasa bosan. Seperti belakangan ini ada terobosan produk baru dari Indo food yang akan meluncurkan Chitato dengan rasa Indomie goreng dalam waktu dekat ini.

  • Peraturan pemerintah

Para mitra bisnis hendaknya selalu memperhatikan perkembangan peraturan pemerintah yang sedang berlaku sehingga para pelaku usaha tidak mengalami kesulitan masalah perizinan pada saat melakukan kegiatan perusahaan. Beberapa peraturan yang sering menjadi hambatan usaha antara lain aturan perpajakan, upah minimum, tingkat suku bunga bank, bea impor, dan sebagainya. Beberapa kasus yang dialami oleh para pemilik usaha adalah dikenai beban pajak yang tiba-tiba dalam jumlah yang besar, sehingga ada baiknya bila para pemilik perusahaan untuk membuat laporan keuangan perusahaan yang rapi dan sesuai aturan, yang dapat dilakukan dengan menggunakan software akuntansi. Selain itu pelanggaran terhadap peraturan pemerintah ini dapat menurunkan image perusahaan para mitra bisnis apabila sampai masuk di media masyarakat dan dapat menyebabkan kaburnya para investor, oleh karena itu para mitra bisnis hendaknya berhati-hati selalu untuk menaati peraturan-peraturan tersebut.

  • Suara pelanggan

Suara pelanggan umumnya terkait dengan tingkat kepuasan dan kebutuhan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diterima. Suara pelanggan ini sangat berguna karena faktor utama penentu kesuksesan sebuah bisnis dapat berjalan atau tidak. Apabila terlambat dalam mendapatkan dan menerjemahkan suara pelanggan tersebut maka akan semakin susah untuk mengembangkan perusahaan nantinya.

Cara paling mudah untuk mengetahui suara pelanggan ini adalah melakukan survey kecil dan singkat (dapat dilakukan dengan lisan/ tulisan) segera setelah melakukan penjualan atau pelayanan kepada pelanggan, terutama pada faktor kualitas dan harga.

Hal ini juga untuk menjaga tingkat kualitas produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dimana para penjual biasanya menganggap layanan yang diberikan sudah baik kepada pelanggan sehingga tidak berusaha memperbaiki atau meningkatkan pelayanannya, padahal pelanggan memiliki komplain terhadap layanan namun tidak menyampaikan dan hal ini yang menyebabkan pelanggan dapat beralih ke kompetitor.

Kami berharap dengan melakukan penyelidikan pasar para mitra bisnis akan dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan baik. Untuk informasi yang masih kurang jelas maka dapat menghubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com. (stan)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s