STRATEGY MENGELOLA KANTOR CABANG

Mendirikan kantor cabang tidaklah semudah yang kita pikirkan karena ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti: adanya calon pemimpin kantor cabang, infrastruktur antara lain: gudang, kantor dan peralatan kantor yang merupakan nilai investasi, model distribution channel dan strategy pemasaran. Oleh sebab itu pendirian kantor cabang yang sudah mendesak lebih didorong untuk melakukan perluasan pemasaran produk. Semakin luas pemasaran produk maka akan diperoleh peningkatan penjualan yang signifikan. Selain perluasan pemasaran, tentu saja perusahaan akan meminimalisir biaya-biaya yang muncul dari berbagai complain yang diajukan oleh pelanggan, serta biaya pemasaran produk sebelumnya yang cukup besar karena factor jarak, serta hilangnya peluang menjual yang tidak ditangani dengan fokus.

Sedangkan kantor cabang yang jauh dari induknya sangat dituntut mandiri oleh pemilik perusahaan. Kantor cabang dipandang sebagai unit bisnis terpisah yang harus bisa menghidupi dirinya sendiri hingga profit seperti yang diinginkan oleh pemilik usaha. Nah, tentunya agar kantor cabang rapi dan  dapat memaksimalkan kinerja setiap individu dalam organisasi, kantor cabang sebaiknya memiliki alat ukur kinerja bagi SDM-nya. Pimpinan cabang tidak bisa menilai anggota organisasinya dengan cara subjective, tetapi dilakukan dengan cara yang objective. KPI adalah alat yang bisa membantu dalam menilai karyawan secara objective.

Pada pelatihan ini selain dibahas hal-hal di atas akan dibahas pula mengenai SOP (Standard operating procedure), profit & loss, skill yang harus dimiliki pimpinan cabang, handling complain konsumen secara efektive, Meminimalisir biaya, mengelola Infrastruktur kantor cabang, struktur organisasi vs rentang kendali, struktur organisasi VS karier, Job Description & KPI,  contoh job description SDM kantor cabang, KPI (key performance indicators) dan aplikasi KPI SDM , SOP dan MOU kantor cabang, mengelolah dokumen dan rekaman, metode filling, memberikan ide, negotiation dan building team.

BAGIAN I

  • Tujuan mendirikan kantor cabang (perluasan wilayah pemasaran, Mengatasi komplain konsumen, Memperkecil biaya operasional, keseragaman management)
  • Infrastruktur kantor cabang (Gudang, kantor operasional, Show room, Mobil delivery, Sepeda motor operasional, Mobil operasional, Peralatan kantor)

BAGIAN II

  • Struktur organisasi kantor cabang (Struktur organisasi sesuai kebijakan management, struktur organisasi vs rentang kendali, struktur organisasi vs karier, model struktur organisasi)
  • Kiat mempersiapkan pimpinan kantor cabang (kandidat pimpinan kantor cabang dari team penjualan, kandidat pimpinan kantor cabang dari accounting, kandidat pimpinan kantor cabang dari logistic, kandidat pimpinan kantor cabang dari bagian produksi, kandidat pimpinan kantor cabang dari management trainee)

BAGIAN III

  • Job Description & KPI kantor cabang (Job description SDM organisasi kantor cabang, Job specification kantor cabang, contoh job description SDM kantor cabang, KPI (key performance indicators), Aplikasi KPI SDM )
  • SOP dan MOU kantor cabang (Keunggulan kantor cabang ber-SOP, peran dan manfaat SOP, SOP dalam struktur dokumen ISO 9001:2008, contoh SOP & MOU)

BAGIAN IV

  • Biaya-biaya kantor cabang (Biaya gaji (uang makan, insentif), Biaya kendaraan, Biaya lain-lain)
  • Dokumen dan rekaman kantor cabang (Dokumen, rekaman, mengapa memperhatikan dokumen, metode filling)

BAGIAN V

  • Skill dan pengetahuan SDM dan manager cabang (Leadership, sepuluh hukum kepemimpinan, problem solving, coaching, memberikan ide, negotiation, building team)
  • Finance kantor cabang (budget, profit & loss, audit activity, reconsiliasi, ROI)

BAGIAN VI

  • Management Piutang dagang kantor cabang (Status piutang dagang, Limit kredit, Audit piutang dagang, Peta tanggung jawab terhadap piutang dagang, Piutang dagang sebagai indicator dalam KPI)
  • Channel & Supply Chain management (Kiat memilih saluran, kreasi saluran, mengelola saluran berdasarkan pareto, memelihara dan mengelola saluran, supply chain management)

BAGIAN VII

  • Sales territory management (Luasan cover kantor cabang, membagi sales territory, Journey/rute perjalanan, konsep pengerjaan journey, Laporan-laporan sales territory)
  • Marketing Strategy kantor cabang (marketing mix, segmentation, targeting, positioning, Differentiation, Brand)

BAGIAN VIII

  • Promotion strategy dan program promosi (Program promosi below the line, program promosi a bove the line, strategy promosi, pengukuran promosi)
  • Summary & Kesimpulan pelatihan selama 2 hari.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor cabang/Manager Distributor maupun Sales supervisor Distributor dalam mengelola operasional kantor cabang/Distributor/Dealer  yang profit.
  2. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor cabang/Manager Distributor maupun Sales supervisor Distributor pada berbagai hal yang berkaitan dengan kantor cabang/Distributor/Dealer khususnya tidak sebatas pada masalah penjualan tetapi masalah : keuangan,  Inventory, promosi dan sales territory.

METODE PELATIHAN

Ceramah Interaktif, pemutaran film, latihan/workshop & contoh kasus.

FASILITAS : File Foto Training, Sertificate dan Hand out.

DURASI : 12 jam

PESERTA  :  Pimpinan kantor  cabang/Manager Distributor maupun Sales supervisor Distributor

INVESTASI  : Rp 3.500.000,-/Peserta.

CALL atau SMS ke : 0818521172

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s